Ngintip Keindahan Air Terjun Dua Warna Di Pulau Sumba

Dilihat 204 kali

Pesona wisata alam di Indonesia timur memang nggak ada matinya Bro, ada banyak pilihan yang bisa lo jadikan destinasi pilihan saat lo liburan.  Salah satu pulau yang punya pesona wisata alam yang keren di Indonesia timur adalah Pulau Sumba.

Nah, Pulau Sumba ternyata lagi-lagi nunjukin kekayaan alamnya yang luar biasa. Belum banyak yang tau, ternyata disana ada air terjun dua warna bernama Air Terjun Tanggedu. Spot air terjun ini emang lagi hits dikalangan traveler karena keunikan yang dimilikinya.

Buat sampe di air terjun ini lo cuma perlu ambil jalur dari Kota Waingapu di Sumba Timur. Jarak antara Waingapu dan Air Terjun Tanggedu nggak lebih dari 45 km.

Jauhnya jalur yang harus ditempuh nggak akan kerasa Bro, soalnya sepanjang perjalanan lo bakalan ditemenin sama pemandangan perbukitan khas Sumba Timur dengan hewan-hewan ternak berkeliaran bebas di padang rumput.

Jalan menuju Air Terjun Tanggedu nggak semuanya mulus Bro. Di beberapa titik, jalan menuju kesana belum diaspal dengan baik dan berkelok-kelok. Lo wajib ekstra waspada saat memacu kendaraan lo.

Sebelum sampai di Air Terjun Tanggedu, lo akan melewati Desa Mondu dan Desa Prainantang yang ada di tengah perbukitan. View-nya keren banget!

Begitu sampai di Desa Tanggedu, parkir kendaraan lo di dekat rumah warga. Nggak ada tarif parkir resmi yang dipatok, lo bisa kasih ke warga seikhlasnya aja.

Perjalanan dilanjutkan dengan trekking menyusuri ladang milik warga. Letak Air Terjun Tanggedu ada di antara tebing bebatuan, lo harus hati-hati saat coba turun ke bibir sungai.

Setelah perjalanan jauh, lo akan sampai ke Air Terjun Tanggedu. Semua lelah lo akan terbayar lunas dengan pemandangan alamnya yang keren.

Air Terjun Tanggedu berasal dari dua mata air yang berbeda. Ini yang jadi alasan kenapa air terjun ini punya dua warna air yang beda. Sayang banget kalau malamnya area ini diguyur hujan, air di air terjun nggak sejernih kayak biasanya Bro.

Spot air terjun ini cocok banget buat bersantai sambil dengerin gemericik air yang turun. Jangan lupa abadikan momen petualangan lo kesini pake kamera yang lo bawa. Serius, semua spot disini instagramable.

Jadi penasaran pengen datang kesana? Worth to try!