Pesona Super Elok Kepulauan Kei

Dilihat 137 kali

Gugusan pulau-pulau serpihan surga ini berada di Maluku sebelah tenggara. Potensi wisata baik yang santai-santai atau pun ekstrim tersedia di sini. Lokasinya sudah mudah terjangkau dan memiliki infrastruktur yang cukup memadai untuk lo kunjungi.

Peta Kepulauan Kei. Source

Nah ini dia nih tempat-tempat mempesona di Kepulauan Kei yang bikin lo terkagum-kagum :

Pantai Pasir Panjang - Ngurbloat, Ohoi Ngilngof


Pantai Ngurbloat. Source

Panjang garis pantai ini terbentang sejauh 2 KM. Kebanyakan orang menikmati pesona pantai ini sambil menikmati kuliner lokal di sepanjang garis pantai sembari menunggu keindahan sunset. Pantai Ngurbloat dinobatkan sebagai pantai dengan pasir paling halus di dunia oleh majalah National Geographic.

Pantai Ngur Sardanan, Ohoi Lilir

Pantai Ngur Sardanan. Source

Nggak jauh berbeda dengan pantai Pasir Panjang, namun di pantai ini lo bisa menghabiskan pagi dan menanti sunset dari tengah laut sejauh 100 meter dari bibir pantai. Lautnya tenang, langitnya cerah, tentunya menyaksikan matahari terbenam pun bakal jadi momen terindah.

Pasir Timbul Ngurtavur, Habitat Burung Pelikan

Ngurtavur. Source

Pantai ini terdapat di Pulau Waha, berseberangan dengan Pulau Warbal. Pantai berpasir putih di sini memiliki pantai yang memanjang tanpa putus ke tengah lautan sepanjang 2 KM dengan lebar 7 M. Ketika lo berjalan di atas pantai ini, lo serasa lagi berjalan di tengah lautan luas, padahal sebenarnya lo lagi berjalan di atas hamparan pasir putih yang membelah pantai menjadi dua sisi. Hal seperti itu bisa lo lakuin saat air surut.

Pelecanus Conspicillatus. Source

Ngurtavur adalah habitat burung Pelikan Australia (Pelecanus Conspicillatus) ketika bermigrasi ke Maluku dari tempat asal mereka di Australia dan Papua Nugini. Nah, di pantai ini lo juga bisa menikmati keindahan lautnya dengan snorkeling atau hanya sekedar main-main air, karena di sini benar-benar bikin betah.

Pulau Bair

Pulau Bair. Source

Pulau ini dapat ditempuh selama kurang lebih 1 jam perjalanan ke arah utara dari pelabuhan Dullah di Kei Kecil. Pemandangan pulau ini bikin lo berdecak kagum dengan laguna yang jernih beralaskan pasir halus. Ikan dan terumbu karang yang masih sehat tanpa terkontaminasi apapun juga bikin lo geleng-geleng kepala sambil mikir "Ternyata di Indonesia ada juga tempat sejernih ini". 

Bukit Masbait

Patung Kristus Raja. Source

Bukit ini adalah titik tertingi di Pulau Kei Kecil yang letaknya berada di Desa Kelanit. Tempat ini berfungsi sebagai tempat ziarah umat Katolik dengan adanya patung Kristus Raja yang dapat berputar. Selain itu, atraksi alam sunrise dan sunset bisa lo nikmati dengan sangat indah dari puncak bukit Masbait ini.

Gua Hawang

Gua Hawang. Source

Nggak cuman laut, pantai, dan bukitnya yang jadi primadona di Kepulauan Kei, karena ternyata gua di sini juga gokil banget. Nah gua yang terletak di Desa Letvuan ini adalah kolam air tawar yang dalam dengan pantulan sinar mataharinya yang menawan. 

Ilustrasi Free Dive di Gua Hawang. Source

Menurut cerita masyarakat lokal, Gua Hawang terhubung dengan mata air Evu melalui sungai bawah tanah. Gua ini terdiri dari dua liang yang dihubungkan oleh sungai bawah tanah. So, kalau lo diving di sini, lo bisa nembus ke dua gua tersebut lewat sungai bawah tanah tadi. 

Bicara tentang Maluku berarti bicara tentang eksotisme alamnya bro, nggak heran kalau banyak petualang dari mancanegara yang penasaran dengan pesonanya Maluku. Inget bro, berpetualang di tempat ini harus masuk ke dalam wishlist lo.

Featured Image

Sumber