Pulau Kalong, Rumah Bagi Ribuan Kelelawar

Dilihat 29 kali

Nusa Tengga Timur memang memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Area ini memiliki daya tarik terhadap pantai dan alam bawah lautnya. Berbeda dengan Taman Nasional Pulau Komodo. Dengan serangkaian kepulauan, keindahan alam di taman nasional ini diwarnai dengan  fauna yang tinggal di dalamnya. Pulau Komodo dan Pulau Rinca yang di huni oleh binatang purba, komodo. Pulau Kalong pun di huni oleh ribuan kelelawar.

Ilustrasi Pulau Kalong. Source

Pulau Kalong terletak di antara Pulau Rinca dan Pulau Papagarang. Seperti namanya, Pulau Kalong memiliki luas sekitar 5 hektar yang menjadi rumah bagi ribuan kelelawar yang hidup diantara pohon bakau yang mendominasi di pulau tersebut.

Kelelawar yang hidup di pulau ini akan keluar pulau untuk mencari makanan saat senja telah tiba. Beramai-ramai dengan suara riuh, terbang di atas air laut ke arah timur dan akan kembali ke sarangnya keesokan paginya. 

Kelelawar Yang Pergi Dari Pulau Kalong. Source

Lo bisa mencapai Pulau Kalong dengan menggunakan speedboat yang menepuh jarak 8 km selama 35 menit. Meskipun dihuni oleh binatang yang cukup seram, akan tetapi setiap aktivitas kelelawar ini sangatlah indah. Seakan-akan mewarnai matahari yang tenggelam.

Keunikan Taman Nasional Komodo memang patut untuk di jelajahi. Saat menjelajahi Pulau Komodo jangan lupa untuk mengunjungi atau menikmati pemandangan Pulau Kalong, khususnya buat lo para pecinta fotografi. Gimana bro? Minat enggak bro mampir ke sini?

[bacajuga url=63570

Featured Image

Sumber