Saking Derasnya, Air Terjun Ini Dikasih Julukan Air Terjun Turbo

Dilihat 112 kali

Wisata alam jumlahnya banyak banget di Indonesia, salah satunya adalah pesona wisata air terjun. Destinasi wisata berupa air terjun memang nawarin sensasi berbeda, selain bisa nikmatin keindahan alam lo juga bisa memacu adrenalin dengan melewati jalur ekstrem menuju air terjun.

Salah satu daerah yang punya banyak spot wisata berupa air terjun adalah Kabupaten Asahan.  Di Asahan juga terdapat air terjun yang lagi hits dikalangan para traveler, namanya adalah Air Terjun Turbo.

Usut punya usut, nama Air Terjun Turbo karena arus air di lokasi ini sangat deras. Masyarakat disana menyebutnya dengan sebutan Sampuran Bolon. Dalam bahasa batak berarti aliran air yang deras atau pusaran air yang sangat deras.

Spot Air Terjun Turbo belum banyak diketahui, pasalnya lokasi air terjun ini jaraknya cukup jauh dari pusat Kota Medan. Nah, buat lo yang penasaran pengen liat air terjun dengan kekuatan turbo ini lo bisa datang melalui Siantar menju ke Kecamatan Tanah Jawa.

Dari Kecamatan Tanah Jawa lo lanjutin perjalanan menuju Desa Tomuan Holbung. Lo bisa melalui jalur ini dengan menggunakan sepeda motor dengan jarak 17 km dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan.

Begitu lo sampai di pos air terjun, lo bisa nikmatin pesona spot wisata ini dengan cara menuruni bukit. Lo harus ditemenin pemandu, pasalnya lo harus menuruni bukit sepanjang 300 meter. Begitu juga saat lo balik lagi ke posko, tetap harus ditemenin pemandu.

Total waktu yang dibutuhkan dari Medan menuju Air Terjun Turbo sekitar 7 jam. Nggak perlu aneh, pasalnya akses jalan menuju air terjun ini nggak terlalu bagus. Jalanan menuju kesana belum teraspal mulus, lo bisa temukan kerusakan jalan disana sini. Belum lagi medan dengan batu cadas yang licin dan berbahaya.

Meskipun akses jalan yang masih kurang bagus, tetep aja nggak nyurutin minat turis buat datang kesini lihat air terjun dengan kekuatan turbonya.

Gimana, tertarik datang ke Air Terjun Turbo?