Sensasi Tubing di Bawah Tanah, Kalisuci

Dilihat 170 kali

Nyusurin aliran sungai pake ban dalem mungkin udah biasa dan udah banyak orang yang ngelakuinnya. Tapi pasti belum banyak dari lo yang pernah tubing ngelewatin sungai yang ada di bawah tanah, Kalisuci.

Salah satu pesona alam yang ada di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta ini emang lagi terkenal bro. Dikenal dengan kawasan geopark, salah satu kabupaten di kota Gudeg ini emang nyimpen banyak banget kekayaan alam yang sangat mempesona.

Di sana, banyak banget aliran sungai yang lokasinya ada di bawah tanah. Aliran sungai itu terbentuk secara alami bro, nggak ada campur tangan manusia sama sekali. Kalisuci adalah salah satu dari aliran di bawah tanah itu bro dan berlaku di Desa Semanu, cukup dekat sama Kota Wonosari.

Gimana caranya ke sana? Lo bisa nyewa kendaraan dari kota Yogya, bisa motor atau mobil, disesuaiin aja ama budget lo bro. Kalo budget terbatas, lebih baik nyewa motor tapi kalo ada dana lebih dan mau yang lebih nyaman ya sewa mobil aja bro.

Waktu yang harus lo tempuh untuk menuju kawasan Gunungkidul sekitar 2-3 jam. Tergantung dari padatnya kendaraan ya bro karena kalo lagi padet ya mungkin bakal lebih lama waktu perjalanannya.

Sampe di kawasan Kalisuci lo nggak bisa langsung ngerasain cave tubing bro. Lo haus daftar dulu dan bakal dapet briefing singkat dari pengelola di sana yang biasanya berisi tentang keamanan selama di sana. Jangan sepelein ya bro penjelasan dari mereka, lo wajib dengerin dan patuhin peraturan yang dijelasin oleh mereka.

Setelah briefing, lo akan dikasih perlengkapan keamanan yang disediakan pihak pengelola. Mulai dari pelampung, helm, pelindung siku dan lutut wajib lo pake semua ya bro demi keselamatan lo selama cave tubing. Aktivitas seru dan gokil itu akan berlangsung selama sekitar 1 jam dan lo akan melewati total 3 gua yang semuanya bakal bikin lo terpana. Selamat nyusurin sungai di bawah tanah yang super gokil ya bro!