Serunya Nongkrong dan Selfie Di Jembatan Gladak Peninggalan Belanda

Dilihat 714 kali

Kalau lo lagi traveling ke Lumajang, sempatkan mampir ke Jembatan Gladak Perak. Di jembatan ini lo bisa ngambil foto selfie dengan latar perbukitan yang hijau. Bukan cuma itu aja, nongkrong di pinggir jembatan juga dijamin bakalan seru.

Lokasi Jembatan Gladak Perak ada di perlintasan jalur selatan Kabupaten Lumajang – Malang. Jembatan ini membentang di atas Sungai Besuk Sat dengan panjang mencapai 100 meter.

Jembatan Gladak Perak sendiri punya nama lain yang unik, yaitu Jembatan Pancing. Nama itu diberikan oleh penduduk sekitar soalnya disekitar jembatan sering dipakai untuk memancing ikan.

Buat lo yang mampir kesini dan nggak bawa perbekalan makanan, nggak perlu khawatir. Pasalnya, di sekitar jembatan terdapat warung-warung yang menjual aneka makanan. Acara nongkrong lo pasti bakalan jauh lebih seru ditemenin makanan ringan Bro!

Jembatan Gladak Perak terdiri dari dua bangunan jembatan yang berbeda tahun pembuatannya. Jembatan yang pertama dibangun pada masa penjajahan Belanda, sedangkan Jembatan Gladak Perak yang baru dibangun pada tahun 1998.

Dulu, jembatan ini adalah jalur perlintasan yang sangat ramai. Tapi saat ini jembatan hanya berfungsi sebagai cagar budaya dan hanya dipake buat wisatawan untuk ngambil foto atau cuma nongkrong seru aja.

Jembatan Gladak Perak mempunyai lebar nggak kurang dari 4 meter. Di sisi jembatan cuma dikasih pembatas dari bambu. Saat nongkrong, lo wajib hati-hati ya. Alih-alih mau nikmatin pemandangan bukit disana, kalau nggak hati-hati malah nyebur nantinya.

Jembatan Gladak Perak mulai rame dikunjungi wisatawan sejak tahun 2005. Sebelum tahun tersebut, daerah sekitar jembatan dikenal sepi dan rawan kriminalitas.

Selain punya pemandangan bukit yang keren, saat nongkrong di Jembatan Gladak Perak pengunjung bisa denger suara aliran Sungai Besuk Bat dengan jelas. Buat penggila fotografi, warna air sungai yang coklat dan bebatuan berjumlah banyak bisa jadi latar warna yang kontras di kamera.

Well, dengan berbagai kesederhanaan yang ditawarkan oleh Jembatan Gladak Perak kayaknya pas buat dijadiin tempat nongkrong dan beristirahat. Worth to try!