Solo Traveling Nggak Pernah Bikin Nyesel, Bro

Dilihat 246 kali

Sebenarnya apa sih yang lo rasain ketika lo harus pergi ke suatu tempat seorang diri? Senang? Sedih? Atau malah takut? Percaya nggak lo kalau ternyata solo traveling punya dampak yang besar buat diri lo sendiri? Kira-kira seperti ini nih dampaknya

Jauh Lebih Mengenal Diri Sendiri

Via i.huffpost.com

Selama ini apakah lo udah yakin kalau lo adalah seseorang yang mandiri? Nanti dulu, bro. Ketika solo traveling lo dimulai lo baru tahu apakah lo bisa mengandalkan diri lo sendiri atau malah nggak. Pengambilan keputusan pun juga sepenuhnya ada di tangan lo. Saat melakukan perjalanan seorang diri, lo bisa jadi lebih akrab dengan diri lo sendiri. Lo jadi lebih peka sampai lo bisa mendengar apa yang sebenarnya lo inginkan dan rasakan. Kenali diri lo sendiri adalah salah satu syarat untuk mencintai diri sendiri kan? 

Nikmati, Berhenti Mengeluh, dan Belajar Untuk Bersyukur

Via girlyblogger.com

Lo nggak perlu ribet-ribet lagi nentuin itinerary perjalanan lo karena ada keinginan dari dua kepala atau lebih. Lo tentuin sendiri, jalan sendiri, bebas tanpa adanya beban untuk nurutin keinginan yang lain. Oh iya, ketika terjadi hal-hal di luar perkiraan seperti pesawat delay atau salah ambil rute perjalanan, saatnya lo belajar untuk tetap menikmati perjalanan tanpa mengeluh, syukuri aja bro, toh lo sendiri di perjalanan ini yang pastinya nggak ada teman perjalanan yang bakal mendengarkan keluhan lo. Simpan rapi-rapi keluh kesah lo, luapkan dengan cara yang lo suka, beli es krim misalnya. Dengan begitu otomatis lo belajar mengendalikan emosi dan mengurangi kebiasaan mengeluh.

Mengganti Sudut Pandang?

Via thegrowthlist.com

Mungkin terdengar aneh sih? Kenapa harus diganti? Ada yang salah? Beberapa pertanyaan-pertanyaan klise ini sering banget kita denger. Nih bro, semua hal memiliki banyak sisi yang berbeda dan bisa bikin lo takjub terheran-heran. Akibat dari malas mencari informasi biasanya melahirkan pikiran yang sempit. Bertemu dengan orang, lingkungan, budaya, suasana, adat istiadat baru akan memperluas sudut pandang dan pola pikir lo. Sederhananya, ketika berpergian seorang diri lo dipastikan akan lebih peka dengan sekitar lo. 

Mengganti sudut pandang bukan lah artian harfiah, tapi bagaimana caranya kita mampu menyesuaikan secara fleksibel sudut pandang kita dengan orang-orang lain yang mungkin beda pendapat atau persepsi dengan kita. Dengan kerendahan hati dan kematangan berpikir tentang sudut pandang pastinya bakal jadi modal lo untuk lebih intim lagi dalam bersosialisasi.

Via dubeat.com

Nah, sebelum solo traveling jangan pernah mengabaikan faktor keamanan. Setiap apapun yang lo lakukan pasti mengandung resiko, nggak terkecuali solo traveling. Resiko nggak bisa dihilangkan, namun bisa diminimalisir. Di saat-saat solo traveling seperti ini lo harus lebih aware dengan barang bawaan lo, jangan sampai lupa dan tertinggal. Lalu selalu simpan rapi dan aman identitas lo seperti KTP, Passport, SIM, dan sebagainya.

Kejahatan ada karena adanya kesempatan, so penampilan lo disarankan jangan terlalu mencolok untuk menghindari kesempatan dari orang jahat. Untuk sekedar berjaga-jaga, jangan lupa tetap keep contact ke keluarga atau kerabat dekat lo. Selamat berpetualang bro!

Featured Image : blog.travelworldpassport.com

Referensi Artikel : blog.reservasi.com