Telusur Rekam Jejak Petualangan Bob Marley Di Jamaika

Dilihat 58 kali

Jamaika merupakan tempat kelahiran 'Dewa Reggae' Bob Marley. Musik dengan genre reggae lahir di Jamaika yang mendunia oleh petikan gitar Bob Marley. Meninggal di umur 36 pada tahun 1981, wajah Bob Marley masih mewarnai daratan jamaika dengan alunan musiknya di setiap sudut kota. Nggak cuma itu, ia memiliki spot-spot yang di gunakan untuk berkarya. 

Identitas Jamaika nggak bisa lepas dari Bob Marley, oleh karenanya setiap wisatawan yang berkunjung ke Jamaika tentunya akan langsung tertuju pada satu titik, yaitu ingin berwisata ke tempat-tempat di mana jejak sang maestro reggae tersebut tertinggal. 

Trenchtown

Meskipun lahir di desa Nine Mile, Bob pindah ke Kingston, Trenchtown dengan ibunya setelah ayahnya meninggal. Di kota ini ia tumbuh dan belajar musik dengan band-nya; The Wailers.

Mural Di Trenchtown. Source

Tuff Gong Studio

Terletak di pusat kota Kingston, Tuff Gong Di dirikan pada tahun 1965. Saat ini kantor pusatnya tidak hanya terbesar di Jamaika, akan tetapi terkenal di seluruh dunia. Tidak hanya Bob marley, musisi lain seperti Kenny Chesney hingga Sinead O'Connor merilis albumnya di studio ini. 

Tuff Gong Studio. Source

Bob Marley Museum

Bob Marley sempat membeli rumah yang terletak di dataran tinggi. Hingga sekarang rumah tersebut menjadi Museum Bob Marley. Di dalam museum masih tertata rapi perabotan rumahnya, gitar favoritnya, hingga lubang bekas peluru dari upaya pembunuhan Bob Marley. 

Bob Marley Museum. Source

National Stadium

Jamaica' Wembley, Di bangun saat Bob Marley masih remaja. Di tempat ini adalah rumah bagi 'Reggae Boyz' julukan bagi tim nasional sepakbola Jamaika.

Pada tahun 1978, The Wailers mengadakan 'One Love Concert' pada saat perang sipi. Saat Konser Bob meminta pemimpin kedua pihak untuk naik kepanggung dan berjabat tangan sambil menyanyikan lagu 'Jammin'. Tiga tahun setelah itu Bob kembali ke stadion tersebut untuk di makamkan.

 

Aksi Perdamaian Di Atas Panggung. Source

Gimana bro? Jamaika ternyata bukan hanya tempat berlibur saja, tapi merupakan tempat bersejarah. Minat nggak bro ke Jamaika?

Featured Image

Sumber