Traveling Hemat Pakai Cara Hitchhiking

Dilihat 98 kali

Salah satu cara menghemat budget saat traveling adalah dengan cara hitchhiking. Lo bisa kemanapun yang lo mau dengan modal mengacungkan jempol secara gratis. Tapi tunggu dulu, sebelum lo ngelakuin ini, ada tips-tips yang tetap harus lo perhatikan. Simak tipsnya, bro.

Siapkan Mental

Hitchhiking membutuhkan mental keberanian yang mumpuni. Hitchhiking juga merupakan salah satu bentuk kepedulian sesama antara lo dan pemberi tumpangan. Lo dituntut untuk memiliki komunikasi yang baik dengan si pemberi tumpangan tersebut.

Hitchhiking nggak butuh modal apapun, kecuali keberanian. Source

Jangan lupa untuk membawa banner atau kertas besar dengan tulisan tujuan lo. Tulisan "numpang" dan kota tujuan sebetulnya bakal memudahkan lo untuk menghentikan mobil atau kendaraan yang bakal kasih lo tumpangan.

Siapkan Fisik

Menunggu mobil lewat di bawah teriknya matahari bisa menguras fisik. Source

Selain mental, fisik juga harus diperhatikan. Hitchhiking bisa dilakukan malam hari, dan bisa juga dilakukan saat matahari sedang terik-teriknya. Nggak jarang lo bakal berdiri lama disengat sinar matahari.

Kenali Tujuan

Nggak hanya sekedar kenal, tapi juga harus paham tujuannya supaya lo terhindar dari hal-hal yang nggak diinginkan. Kalau lo paham rute yang bakal dilalui, tentunya akan mengurangi kemungkinan tersesat atau malah sengaja disesatkan. Hal ini adalah bentuk kewaspadaan.

Hindari Hitchhiking Sendirian

Hindari hitchhiking sendirian untuk mencegah hal yang nggak diinginkan. Source

Sebaiknya sih hitchhiking jangan dilakukan sendirian, minimal dua orang cukup. Bukan menaruh curiga pada orang yang memberikan tumpangan, tapi hal ini adalah bentuk waspada terhadap keselamatan diri.

Alat Komunikasi Harus Standby

Saat mendapatkan tumpangan, usahakan alat komunikasi lo tetap standby. Alat komunikasi ini penting banget untuk memberi kabar pada kerabat dan keluarga. Mendeteksi keberadaan lo melalui jaringan internet juga bisa dipantau oleh mereka. Jadi selalu pastikan alat komunikasi lo tetap on, membawa powerbank untuk keadaan darurat mungkin adalah pilihan yang tepat. 

Nah, hitchhiking ternyata nggak serumit yang lo bayangkan. Tapi malah membuat pengalaman lo semakin berkesan. Selamat mencoba, orang-orang berani! 

Featured Image

Sumber