Mengenal Sang Predator Himalaya

Dilihat 116 kali

Sering di kenal sebagai "Ghost of The Mountains", macan tutul salju adalah hewan yang sulit di tebak dan menjadi salah satu penguasa bukit-bukit di Himalaya. Macan tutul salju sering diibaratkan icon atau penunggu gunung-gunung di Himalaya oleh warga setempat. Sebagai predator, kucing besar ini harus tinggal di ekosistem yang sehat.

Ilustrasi Macan Tutul Salju. Source

Macan tutul salju di kenal dengan keindahan bulunya. Dengan warna krem kekuningandan motif titik-titik hitam membantu Macan tutul untuk bersembunyi sebelum memangsa makanannya. Binatang ini memiliki ekor hingga 1 meter panjangnya dan panjang badan 2,3 meter. Hal yang menjadi paling khas adalah matanya yang menyala berwarna hijau kebiruan.

Ilustrasi Macan Tutul Salju. Source

Macan tutul salju biasanya berkomunikasi untuk menunjukkan area yang telah di kuasai dengan cara meninggalkan goresan cakar di pohon, mengencingi batu, hingga menggosok wajah mereka di permukaan batu. Tidak seperti kucing besar lainnya, hewan ini tidak bisa melakukan 'roar', mereka hanya bisa menggeram, mendesis dan meludah. Macan tutul salju terkenal sangat aktif di sore hingga malam hari. 

Dengan mengetahui macan tutul salju, lo bisa menentukan saat-saat yang tepat untuk menelusuri Himalaya bro. Hal ini memang menjadi tantangan, akan tetapi resiko yang membahayakan bisa di minimalisasi. Semoga bermanfaat!

Featured Image

Sumber