Ternyata Ada Hutan Purba Bro Di Kutub Utara

Dilihat 57 kali

Hutan Purba seringkali ditemukan di dalam gua dalam bentuk lumut atau pohon, seperti di Gua Jombang. Bagaimana jadinya apabila hutan purba ditemukan di lingkungan glasial.

Lengkap dengan kayu, dedaunan, dan biji-bijian, ditemukan di Kutub Utara di sekitar Kanada.Hutan ini diperkirakan berumur jutaan tahun yang di kelilingi glasial, tak ada pohon kecuali beberapa pohon kecil seukuran Bonsai dan di temukanoleh penjaga hutan.


"Kayu-kayu itu tersebar. Sulit untuk tidak menginjaknya," kata Joel Barker, ilmuwan lingkungan dari Universitas Ohio State yang juga pemimpin studi ini. Kalau digali lebih dalam, menurutnya, akan lebih banyak kayu, daun, dan biji ditemukan. Hutan tersebut bisa awet karena terkubur oleh longsoran dan terisolasi dari udara dan air.

Ilustrasi Penemuan Serpihan Kayu. Source


Dengan mempelajari kayu, daun, dan biji, tim peneliti berhasil menemukan beberapa spesies pohon, di antaranya adalah pinus, cemara, dan birch. Menurut Barker, jumlah spesies yang tidak banyak itu menunjukkan bahwa hutan tersebut sedang di ambang kepunahan. "Hutan ini kira-kira berasal dari sepuluh juta hingga dua juta tahun yang lalu," ujar Barker.


Para peneliti juga mengukur lingkar kayu dan mendapati bahwa pohon di hutan itu setidaknya berumur 75 tahun pada saat terkubur. Cincin pohon yang kecil menunjukkan, pertumbuhan pohon sangat lambat.

Gokil Banget Bro! Pohon-pohon tersebut dapat bertahan jutaan tahun dan memiliki banyak manfaat bagi manusia. 

[bacauga url=63666]

Featured Image

Sumber