Tips Mendaki Gunung Batur Buat Pemula

Dilihat 2644 kali

Buat Lo yang masih alergi naik Gunung, mungkin sebaiknya pertimbangkan lagi deh. Gunung Batur memang tidak boleh dianggap sepele, tapi buat pemula seperti saya mendaki gunung Batur ini bisa menjadi awal yang baik sebelum mendaki gunung lainnya di Indonesia.

Ada beberapa hal yang wajib Lo perhatiin sebelum menaklukkan Batur:

Research Cuaca

Ini penting banget mengingat faktor daerah Kintamani sangat tropis. Hujan bisa datang kapan aja begitu juga dengan pergerakan angin yang mendadak berubah. Lo harus cek prakiraan cuaca di Bali beberapa hari sebelum memutuskan buat mendaki.

Stamina

Sangat tidak disarankan untuk mendaki dalam keadaan sakit. Sebagian pendaki ngotot untuk tetap mendaki walau hanya flu/demam saja. Gimana pun ketika mendaki nanti, energi adalah bahan bakar utama hingga sampai di puncak. Pastikan badan fit dan walaupun dalam keadaan sehat, tidak ada salahnya Lo siapkan obat-obatan jika sewaktu-waktu nanti diperlukan.

Perlengkapan

Gunung Batur memiliki lansekap berbatu dan berpasir. Ini terlihat jelas ketika memulai pendakian dari pos pertama. Bebatuan tajam yang terbentuk dari lava letusan memenuhi sepanjang jalur  pendakian. Pastikan menggunakan alas kaki yang mumpumi. Misal sepatu gunung yang benar-benar tebal agar kaki tidak sakit ketika menginjak bebatuan. Untuk pakaian seperti celana juga wajib Lo perhatiin. Pakai celana gunung yang tidak berbahan jeans agar langkah tetap ringan dan elastis. Untuk jaket sangat wajib dipakai agar terhindar dari serangan angin dingin.

Partner

Lo setuju dong kalau nongkrong itu akan berkesan kalau sama orang yang seru? Sama halnya dengan naik Gunung. Pendakian akan semakin seru kalau bareng teman yang seru pula. Pastikan Lo ngajak teman yang punya passion yang sama dan komitmen yang baik sebelum naik Gunung Batur. Karena trekking sampai ke puncak perlu waktu sekitar 3 jam, jadi jalannya musti bareng dan harus saling tunggu kalau teman yang lain lambat jalannya.

Naik Gunung Batur sebenarnya tidak harus menggunakan jasa guide atau pemandu. Petunjuk pendakian sangat jelas mulai dari loket pembelian tiket. Tapi walaupun tanpa guide, sebaiknya Lo persiapkan semuanya sebelum mendaki.

Gimana buat kalian yang belum pernah mendaki gunung sama sekali, sudah mulai tertarik? Ayo naik gunung! 

Teks Dan Foto : Rico Sinaga