Bedah Mitos Gunung Lawu

Dilihat 205 kali

Sebagai seorang petualang pastinya lo bakal disuguhkan panorama-panorama cantik oleh alam sekitar, baik itu gunung, laut, goa, langit, dan lainnya. Orang Indonesia selalu punya mitos atau urban legend-nya masing-masing, masalah percaya atau nggak percaya itu terserah lo bro, karena ini adalah salah satu cara untuk mengenal alam Indonesia yang sarat akan mitos nggak terkecuali di Gunung Lawu.

Sebuah gunung yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur ini sangat kaya akan mitos, misteri, dan legenda masyarakat. Selain menjadi destinasi wisata bagi para pendaki-pendaki, Gunung Lawu kerapkali dijadikan tempat ritual bagi segelintir orang entah untuk berziarah atau bersemedi. 

Via shobek-corp.blogspot.co.id

Gunung Lawu adalah gunung paling angker di Indonesia, menurut warga sekitar, gunung ini seolah hidup dan bernyawa, dia bisa menentukan tentang orang-orang yang mendatanginya, apakah diterima dengan baik atau ditolak. Di sini pun sering terjadi kejadian-kejadian aneh dan sosok-sosok aneh yang tak segan menampakan diri mereka.

Salah satunya adalah Gunung Lawu seakan-akan memiliki telinga, apa yang lo keluhkan bakal terjadi bahkan bisa berkali-lipat. Saat mendaki Gunung Lawu, mendingan jangan banyak mengeluh, karena Gunung Lawu itu akan mendengar apa yang lo keluhkan dan mewujudkannya. Kalau lo mengeluh lapar, lo bakal merasakan kelaparan yang luar biasa. Kalau lo mengeluh capek, lo bakal merasakan capek yang tiada tara. Begitupun juga saat lo mengeluhkan hal-hal lainnya. So bro, berhati-hatilah dalam ucapan.

Gunung Lawu menempati urutan ke 5 dalam jajaran gunung tertinggi di pulau Jawa. Gunung Lawu pun merupakan gunung paling tua di Indonesia karena termasuk gunung purba.

Paparan mitos atau urban legend di atas bukan lah untuk menakut-nakuti bro-bro sekalian lalu kemudian nggak berani naik Gunung Lawu. Pada intinya ini merupakan salah satu cara untuk mengenal alam Indonesia dan keunikannya. Lo juga harus melawan dan menaklukkan diri lo sendiri dulu, jangan termakan ego atau banyak mengeluh dan sebagainya ya bro. 

Well bro, selamat menikmati keunikan Gunung Lawu!

Featured Image : wisataterindah.net

Referensi Artikel : pendakigunung.top