Percaya Atau Tidak, Kuliner Khas Belitung Ini Bisa Bikin Lidah Lo Bergoyang

Dilihat 162 kali

Belitung merupakan destinasi wisata yang cukup asyik dijadikan tempat jalan-jalan. Selain alamnya yang menakjubkan, pulau Laskar Pelangi ini pun dikenal dengan sajian kulinernya yang unik, dan dipastikan akan membuat membuat lidah Lo bergoyang.

Makanya bro, saat berkesempatan main ke Belitung, sebaiknya catat kuliner-kuliner berikut ini, dan cobalah untuk mencicipi makanan tersebut di tempat asalnya.

Mie Belitung

Nggak cuma Aceh, Belitung pun dikenal punya kuliner Mie yang sangat lezat. Bahkan saking populernya, hampir semua operator wisata akan menawarkan layanan mencicipi Mie Belitung.

Datya tarik uama dari Mie yang satu ini sebenarnya datang dari kuah kari udangnya yang sangat gurih dan kental. Selain itu, sajian Mie Belitung pun akan terasa lebih sempurna dengan kehadiran mie yang kenyal, irisan tahu goreng, tauge, emping dan cabe rawit tumbuk khas Belitung.

Gangan

Paduan rasa khas kunyit, yang berpadu dengan rasa asam nanas dan pedas kuah kuning, akan membuat sensasi menikmati Gangan ini terasa sangat menyegarkan.

Ada banyak bumbu rahasia yang membuat Gangan begitu istimewa saat disantap di Belitung, salah satunya penggunaan ikan segar, campuran kunyit, bawang putih, bawang merah, cabai rawit, cabai merah, lengkuas, kemiri, sereh dan asam yang menyegarkan.

Pais

Dalam bahasa Sunda, Pais merupakan kuliner yang dipepes. Tapi khusus di Belitung, Pais merupakan menu ikan bakar yang diberi bumbu yang mirip banget sama bumbu Gangan yang dimasukan ke dalam ikan, dan baru ikan tersebut akan dibakar.

Nggak boleh ikan sembarangan bro, yang biasa dijadikan Pais di Belitung adalah jenis ikan ilak, ikan cubit atau unsat.

Suto Belitung

Secara tampilan fisik, Suto Belitung memang sangat mirip dengan ketupat sayur. Cuma bedanya, makanan yang satu ini disajikan dengan beberapa iris lontong, isiran daging, bihun, dan kerupuk melinjo, yang membuatnya terasa sangat lezat.

Sementara untuk kuahnya, sangat mirip dengan kuah Mie Belitung yang terbuat dari rebusan kari iga sapi, santan kelapa dan sedikit irisan daging. Gimana bro, mantap bukan?