Wajib Tahu! Sebelum Liburan Di Aceh, Perhatikan Dulu Aturan yang Ada Disana

Dilihat 186 kali

Provinsi paling barat di Indonesia ini terkenal dengan kereligiusan penduduk yang tinggal disana. Kalau lo liburan ke Aceh, suasana yang Islami kental banget lo rasakan. Makanya nggak aneh kalau provinsi ini dikenal dengan sebutan Serambi Mekah.

Bukan cuma itu aja, beberapa spot wisata yang ada disana dikenal sebagai spot wisata yang punya pemandangan yang nggak ada duanya. Nah, sebelum lo liburan ke Aceh, ada baiknya lo harus tahu dulu auran yang ada disana Bro.

Wajib Memakai Hijab Bagi Wanita Muslim di Aceh

Provinsi ini dikenal sebagai wilayah yang sangat religius dan menjunjung tinggi nilai-nilai agama Islam. Penduduk wanita disana wajib menutup aurat dengan menggunakan jilbab. Bukan cuma itu, mereka dilarang menggunakan pakaian ketat .

Lalu gimana dengan turis yang datang kesini? Ternyata turis yang datang kesini nggak perlu ngikutin aturan tersebut karena nggak ada aturan resmi dari pemerintah setempat. Tapi, buat ngehormatin kebiasaan warganya, nggak ada salahnya lo sama pasangan pake baju yang sopan.

Memakai Celana Panjang di Aceh

Khusus buat cowok, lo diwajibkan pake busana laki-laki yang rapi dan sopan. Kebanyakan penduduk laki-laki disana pake sarung atau celana panjang. Bahkan, lo bakalan susah nemu cowok yang pake celana pendek kayak di kota-kota lain. Sebenernya nggak ada aturan resmi yang mewajibkan seseorang berpenampilan kayak gitu. Tapi sebaiknya kalau lo jalan di pusat keramaian, lo jangan pake bawahan pendek. Selain  buat menghormati, lo nggak akan jadi sorotan saat ada di Serambi Mekah.

Naik Motor Berboncengan dengan yang Bukan Muhrim, Boleh Tidak ya?

Memang larangan ini sudah dilakukan. Biar lo nggak dapet teguran dari polisi, ada baiknya lo sewa mobil aja. Di Aceh ada banyak rental mobil yang murah dan terpercaya. Salah satu spot penyewaan mobil ada di Iskandar Muda Airport Aceh.

Berduaan dengan Bukan Muhrim

Ini sih dilarang banget Bro. Masih inget nggak hukuman cambuk beberapa waktu lalu? Nah, mereka ketahuan bercumbu dengan bukan pasangan sahnya. Bayangin aja, selain dicambuk pelakunya terancam hukuman penjara. Jadi, selama liburan disana ada baiknya bisa menjaga dan memperhtikan perilaku.