Benarkah Kamera Canggih Bikin Foto Lebih Bagus?

Dilihat 144 kali

Seperti kita ketahui perusahaan pembuat kamera selalu memperbarui teknologi pada kamera buatannya menjadi lebih canggih. Tapi yang jadi masalah, apakah teknologi yang lebih canggi bisa membuat hasil tangkapan gambar menjadi lebih bagus?

Ternyata belum tentu bro! Pasalnya, teknik fotografi sebenarnya berhubungan dengan skil dan bagaimana cara memanfaatkan spesifikasi kamera untuk menghasilkan gambar menjadi lebih indah.

Di dalamnya, Lo bakalan bertemu dengan teori cahaya dan eksposur, yang akhirnya kita kenal menjadi istilah ISO. Selain itu, shutter speed dan aperture pun cukup menentukan. Teorinya, shutter speed dan motion, berhubungan juga dengan aperture dan ruang tajam.

Saat bicara masalah pencahayaan, Lo bermain dengan ISO, atau bisa juga dengan mengatur kekuatan lampu. Kalau cahaya terlalu terang, Lo tinggal pasang filter ND saja. Selebihnya, Lo tinggal memilih mau fokus secara otomatis atau manual.

Terus, dimana peran teknologi?

Saat bicara teknologi baru, terutama di kelas kamera digital, Lo bisa menemukan sensor modern dengan kualitas yang sudah sangat baik, auto fokus, auto WB, bahkan layar touchscreen. Tentu saja semua itu sangat membantu untuk memudahkan Lo ketika mengambil gambar.

Untuk sektor hadware, kemampuan kamera terus ditingkatkan dari waktu ke waktu, misalnya sensor yang lebih besar dalam hitungan MP, kemampuan ISO yang lebih maksimum, kecepatan shutter hingga jumlah prosesor dan kualitas dukungan mereka video 4K.

Nah, perpaduan antara hardware, kecepatan komputasi dan kekuatan software inilah yang bisa jadi faktor pembeda antara kamera modern dan kamera lawas. Tapi ingat, untuk masalah kualitas hasil tangkapan gambar, semuanya tergantung tangan yang memegang kamera tersebut.

Dengan kata lain, kamera jadul akan mampu memberikan hasil sajian gambar yang lebih indah saat dipegang oleh orang yang tepat. Sementara kamera digital dengan penyematan teknologi baru, belum tentu memberikan hasil terbaik ketika dipegang oleh orang yang kurang ahli dalam memotret.

Peran teknologi modern di sini hanya sebagai pembatu saat Lo tidak sempat melakukan setting, atau butuh memfoto untuk moment yang cepat. Selain itu, teknologi modern pun sangat membantu ketika Lo baru berlajar mengambil gambar. Nah, menurut Lo sendiri gimana bro?