Mau Tahu Gimana Nasib iPhone 7 Merah dan Galaxy S8 Direndam Selama 15 Menit?

Dilihat 1597 kali

Dua smartphone kelas atas, iPhone 7 Merah dan Galaxy S8, memang diciptakan untuk bisa tahan air. Bahkan keduanya diklaim sebagai smartphone tangguh, dan siap untuk menerobos hujan, bisa diajak berenang hingga kedalam tertentu, dan sejumlah fitur tangguh lainnya.

Tapi gimana ya kalau kedua ponsel ini direndam selama 15 menit?

Untuk membuktikan seberapa tangguh iPhone 7 Merah dan Galaxy S8, seorang YouTuber dengan akun EverythingApplePro, nekat melakukan pengujian ketahanan kedua ponsel tersebut dengan cara merendamnya dalam selama 15 menit.

FYI, iPhone 7 Merah sendiri telah mengantongi sertifikat IP67, yang membuatnya tahan dengan percikan air dan bisa diajak berenang hingga kedalam tertentu. Sementara untuk Galaxy S8, smartphone ini sudah memegang sertifikat IP68, setingkat lebih tinggi ketimbang iPhone 7 Merah.

Konon katanya, kedua smartphone ini mampu bertahan selama 30 menit dalam kedaam air hingga 1 meter. Yakin benar-benar mampu bro?

Nah, dalam video tersebut EverythingApplePro terlihat menceburkan kedua ponsel dalam sebuah cawan berisi air. Dalam tahap awal ini, baik iPhone 7 merah ataupun Galaxy S8, keduanya masih sehat dan mampu bekerja dalam kondisi normal (walaupun terkadang layar setuhnya sering error).

Setelah itu, kedua smartphone ini pun kemudian direndam dalam tabung dengan kedalaman satu meter dengan durasi 10 menit. Hasilnya nggak jauh beda bro, kedua smartphone ini masih menyala normal.

Untuk meyakinkan, EverythingApplePro pun kemudian menambah air hingga membuat kedalaman air meningkat menjadi 1,5 meter. Setelah itu, kedua perangkat tersebut direndam selama 5 menit, kemudian keduanya langsung diangkat secara bersamaan.

Hasilnya, Samsung Galaxy S8 masih tetap beroperasi normal. Sementara untuk iPhone 7 Merah, smartphone ini langsung sakit. Masalah pertama, layar dan tombol home iPhone 7 Merah ini tidak merespon, kemudian layar touch screen sering error.

Setelah diliha secara seksama, EverythingApplePro melihat sejumlah air masuk ke dalam bodi ponsel. Setelah dibersihkan, layar iPhone 7 Merah ini bisa kembali beroperasi dengan normal. Tapi khusus untuk tombol home, bagian ini masih tetap sakit. Jadi lebih tangguh yang mana bro?