Bingung Memilih Motor Offroad? Simak Bro Jenis-Jenis Motor Offroad

Dilihat 111 kali

Trek tanah, debu, terjal, bebatuan, hingga becek akan menjadi makanan empuk lo saat berkendara motor offroad bro. Sebagai pecinta motor offroad, tentunya lo akan senang apabila mendapatkan kondisi jalan seperti itu. Motor offroad sendiri memiliki beberapa jenis bro, berikut jenis-jenis motor offroad.

Motor Offroad Enduro

Jenis motor ini biasa di kenal juga dengan nama 'sport ganda'. Motor offroad Enduro tetap dirancang dengan dua buah spion sehingga aman untuk pengendara. Ciri dari jenis motor offroad ini terletak pada bagian klakson yang telah dimodifikasi. Begitu juga dengan tampilan lampu motor yang pastinya membuat motor offroad Enduro terlihat garang di medan extreme sekalipun. Sehingga tidak heran untuk jenis motor offroad Enduro ini sering terlihat dalam kompetisi.

Ilustrasi Motor Offroad Enduro. Source

Motor Rally

Jenis motor offroad Motor Rally seperti namanya, motor ini untuk rally atau balapan. Body motor ini sama dengan motor offroad Enduro. Hanya saja tampilan body diubah dan dimodifikasi menjadi motor offroad rally jarak panjang. Dengan medan rally yang dilalui seperti padang pasir. Bahan bakar motor rally membutuhkan kapasitas yang besar. Biasanya mencapai 450 cc hingga 750 cc.

Ilustrasi Motor Offroad Rally. Source

 Motocross

Jenis motor offroad Motocross dipilih untuk lintas medan jarak pendek. Namun, motocross mampu memiliki performa handal untuk melompat dengan kecepatan yang tinggi. Berbagai bentuk rintangan biasanya dapat dilalui pengendara dari motocross ini. Untuk mesin dari motor offroad ini sendiri menggunakan dua atau empat stroke pada satu buah silindernya. Sedangkan untuk kapasitas bahan bakar ada yang memiliki kapasitas 50 cc hingga 650 cc. Jika bro mengenal sebutan motor offroad dengan “Freestyle”, maka itulah sebutan yang ditujukan untuk jenis motor offroad motocross.

Ilustrasi Motocross Freestyle. Source

Track Racing

Jenis motor offroad Track Racing memiliki body besar, tangguh, dan kuat. Karena jenis motor offroad ini biasa dipakai untuk balapan, bro. Mengapa disebut sebagai jenis motor offroad? Alasannya tidak lain Track Racing tidak dilengkapi dengan pengaman seperti tidak adanya suspensi, rem, bahkan jumlah gigi motor hanya ada dua. Selain itu, bahan bakar untuk Track Racing ini adalah metanol. Bukan jenis motor onroad tentunya, bro.

Ilustrasi Motor Offroad Track Racing. Source

Trials

Jenis motor offroad Trials juga termasuk motor yang sering digunakan untuk balapan. Namun, kecepatan bukan hal pertama. Melainkan, presisi dan balancing yang utama dan paling diperhatikan. Jenis motor offroad Trials ini dilengkapi kapasitas mesin 125 cc hingga 300 cc.

Ilustrasi Motor Offroad Trials. Source

Itulah tadi bro jenis-jenis motor offroad. Pilihlah motor yang tepat bro dengan penggunaan yang tepat agar lo tidak mendapat masalah saat berkendara. Semoga Bermanfaat!

Featured Image

Sumber