Jangan Asal Kayuh! Kenali Gejala Mountain Bike yang Sudah Minta Diperbaiki

Dilihat 683 kali

Pecinta olahraga sepeda gunung pasti senang ketika ada event atau turnamen. Hobi satu ini cukup populer di Tanah Air dan sebagian besar akan turut serta ambil bagian dalam acara. Memenuhi hobi memang menjadi kesenangan tersendiri yang tak mudah diungkapkan.

Namun sebelum seru-seruan bersama mountain bike, kamu perlu mempersipakan segala sesuatunya secara optimal. Pastikan sepeda dalam kondisi prima dan segera perbaiki jika ada gejala tak nyaman atau kerusakan. Jangan memaksakan memakai mountain bike yang bermasalah karena berisiko tinggi untuk keselamatan diri.

Untuk itu coba kenali dulu gejala butuh perbaikan dari mountain bike kamu. Beberapa di antaranya seperti di bawah ini:

Gigi Terkadang Pindah Sendiri, RD (Rear Derailluer) Bunyi Krecek dan Pindah Gigi Kurang Smooth

Bila hal tersebut terjadi berarti ada masalah dengan sepeda kamu. Segera perbaiki agar tak mengganggu kegiatan dan menimbulkan rasa was-was saat dipakai. Kamu dapat meminta bantuan ahli di bengkel khusus sepeda gunung atau memperbaiki sendiri jika memang bisa.

Bila gejala ini terjadi kamu perlu menyetting kabel baut setelah di kabel RD. Cara setting yang benar dan normal ialah mensejajarkan posisi rantai atas dan bawah. Setting di lakukan bertujuan untuk lebih mengarahan Pulley yang bergerak ke kanan dan kiri agar lurus dengan sprocket.

Jangan lupa melakukan tes sampai dirasa cukup presisi dan gigi lancar saat naik turun. Jika kamu belum mahir, sebaiknya didampingi oleh teman yang berpengalaman atau ahlinya. Atau mencari tutorialnya via internet dan tanya jawab cara tepat perbaikan.

Rantai Mudah Lepas ketika di Gigi Terbesar atau Terkecil

Kondisi ini disebabkan oleh settingan baut (+) dan (-) yang tidak pas. Baut (+) berfungsi sebagai pembatas gigi terkecil dan bila kendor akan membuat Pulley pengarah rantai melewati batas terakhir. Akibatnya rantai jadi terlepas dari gigi kecil. Coba setting ulang dan pastikan Pulley berhenti sejajar antara gigi terkecil dan rantai atas bawah. Begitu juga untuk baut (-). Lakukan setting ulang hingga masalah rantai mudah lepas teratasi.

Rantai Sering Pindah Gigi Sendiri Saat melewati Jalur Tidak Rata

Kejadian ini bisa terjadi bahkan sampai rantai terlepas. Masalahnya kurang lebih sama dengan sebelumnya, yakni pada baut (+) dan (-) yang kurang pas. Lakukan setting ulang dan atur ketegangan rantai yang sesuai. Hal ini butuh perasaan dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Intinya jangan terlalu kendor agar tak mudah lepas dan jangan terlalu tegang. Rantai bisa putus saat kecepatan tinggi karena tersentak tiba-tiba di posisi tegang.

Selain mengidentifikasi gejala mountain bike butuh berbaikan, kamu juga harus rutin melakukan perawatan. Lebih jelasnya berikut sejumlah tips perbaikan dan perawatan komponen sepeda. Siapkan dulu pelumas, cairan pembersih, buku manual dan toolset.

1. Periksa kampas rem di depan dan belakang. Cek ketebalannya apakah masih layak dipakai atau tidak. Untuk mengetahui kelayakan tersebut pastikan kampas menempel pada pelek atau cakram sepeda, ketika tuas rem ditarik. Pastikan juga kampas bergerak bersamaan ketika pengereman.

2. Kamu juga bisa melakukan perawatan yang tepat sesuai dengan buku panduan yang dimiliki. Buku panduan biasanya juga disertai dengan penyelesaian masalah yang mungkin terjadi. Jika tidka juga bukan masalah besar. Carilah tata cara perawatan yang tepat di internet sesuai tipe mountain bike kamu. Misal tipe V-Brake ata DIsc Brake.

3. Jaga selalu kebersihan kampas rem, rajn mengecek kondisi tuas, kabel dan minyak. Khususnya setelah usai digunakan berkativitas di medan offroad, karena banyak kotoran menempel. Komponen yang terawat akan memberikan kenyamanan dan keamanan untuk kamu bersepeda.

3. Gears Jangan Asal Kayuh! Kenali Gejala Mountain Bike yang Sudah Minta Diperbaiki2