Jenis-Jenis Knalpot Racing

Dilihat 807 kali

Kamu pasti sudah tahu apa itu fungsi knalpot dalam sebuah kendaraan bermotor. Knalpot merupakan saluran pembuangan gas hasil pembakaran mesin untuk memacu power berupa tabung berleher yang ujungnya diberi muffler atau peredam suara. Tapi bagi kamu yang ingin memiliki knalpot untuk motor modifikasi kamu, bisa membeli knalpot aftermarket yang juga banyak digunakan untuk motor racing. Hasilnya, pembakaran mesin bisa lebih maksimal sehingga menghasilkan tenaga pacu yang lebih kuat. Dan yang nggak kalah penting adalah motor kamu bisa menghasilkan suara yang lebih gagah dan garang layaknya motor seorang pembalap profesional. Sebelum mengganti knalpotmu dengan model racing, kenali dulu jenis-jenis knalpot racing berikut ini.

Header back

Jenis knalpot racing yang pertama adalah header back yang bisa membuat motormu menghasilkan tenaga yang lebih besar dan volume gas yang lebih banyak. Knalpot tipe header back ini cukup mahal harganya dan cukup sulit untuk dipasang karena merubah hampir seluruh sistem pembuangan motor. Selain menghasilkan tenaga yang lebih besar, knalpot header back juga bisa membesarkan diameter sistem pembuangan gas kendaraan.

Cat back

Knalpot racing jenis cat back lebih mudah dipasang dan lebih murah dibandingkan header back broo karena yang diganti hanya mulai dari katalis converter knalpot. Knalpot racing ini cukup populer dibandingkan dengan tipe knalpot yang lain, salah satunya adalah karena cat back cukup sederhana untuk modifikasi motor yang ingin pembuangan gasnya lebih banyak. Meski bisa menghasilkan tenaga yang lebih besar, namun seberapa besar tenaga motor yang bisa ditambah tergantung dari sistem knalpot bawaan dan juga desain dari katalis converternya. Menggunakan knalpot jenis cat back kamu nggak cuma mendapatkan tenaga mesin yang lebih besar tapi secara bersamaan juga  membuat mesin bekerja lebih efisien karena volume gas yang dikeluarkan lebih banyak sehingga bahan bakar bisa lebih dihemat. Suara yang dihasilkan oleh knalpot jenis cat back cukup garang dan kamu nggak perlu khawatir karena banyak gas yang dibuang masih dalam batas emisi gas yang legal.

Axle back

Tipe knalpot racing axle back memang nggak sepopuler tipe cat back tapi ia juga nggak semahal header back broo. Mencari axle back memang agak sedikit susah karena hanya knalpot yang didesain dengan tepat dan bagus yang bisa menghasilkan tenaga besar dengan biaya yang nggak tinggi. Kalau kamu menemukan axle back yang pas, kamu bisa mendapatkan motor dengan tenaga yang powerful dan juga suara garang yang mantap. Keunggulan axle back lainnya adalah ia mudah untuk diinstal. Memilih knalpot racing untuk motor kesayanganmu nggak mesti mahal ya broo. Kecocokan knalpot sehingga bisa menghasilkan tenaga yang kuat tergantung juga dari tenaga mesin, sistem knalpot bawaan, dan banyak faktor lainnya.