Kenali Tanda-Tanda Knalpot Racing yang Mulai Rusak

Dilihat 679 kali

Mungkin broo memiliki ide yang sama mengganti knalpot racing untuk motor yang dimiliki. Knalpot racing memang menjadi opsi efektif seperlu meningkatkan tenaga dan laju motor. Hal ini pun kini seolah sudah biasa dilakukan bagi pengguna sepeda motor 4 tak.

Akan tetapi pastikan broo memilih knalpot racing yang berkualitas agar awet. Knalpot racing yang digunakan sudah seharusnya cocok pula dengan spek motor yang broo miliki. Hal ini penting agar knalpot yang dipasang tidak merusak mesin motor. Bila ingin knalpot yang dipasang tetap ramah pada mesin, perhatikan pula aspek desain dan bentuk yang paling cocok. Sementara untuk jenis bahan knalpot racing bisa dipilih misal dari galvanis, pelat besi, atau stainless steel sesuai kebutuhan. Semua bahan tersebut cukup aman. Adapun sebagai info tambahan semakin tipis bahan yang broo pilih bisa menghasilkan suara racing yang semakin mantap.

Berkaitan dengan awet tidaknya knalpot racing yang dipasang, sebenarnya juga bergantung dari penggunaan dan perawatan. Bila broo telaten dalam penggunaan dan perawatan tentunya akan lebih awet dan tidak cepat rusak. Knalpot racing yang sudah rusak pun perlu diganti segera dengan yang baru agar tidak mempengaruhi kondisi motor secara keseluruhan. Namun, bagaimana mengenali tanda knalpot racing yang sudah mulai rusak? Tidak perlu bingung. Berikut ini diberikan beberapa tanda knalpot racing yang mulai rusak, diantaranya:

Perubahan Suara Knalpot

Tanda knalpot racing mulai rusak pertama yang mudah dikenali yaitu adanya perubahan suara. Dalam hal ini broo memang perlu jeli dan teliti membandingkan suara yang keluar di awal pemakaian. Bila benar terjadi perubahan suara, maka segera periksa bagian glasswool di silincer knalpot. Glasswool itu sendiri dibuat dari bahan serat-serat kaca yang berfungsi sebagai peredam atau filter. Karenanya bila mulai terdengar adanya perubahan suara biasa jadi terdapat kerusakan di bagian tersebut.

Kerak di Bagian Dalam

Kerak yang muncul di bagian dalam knalpot racing juga bisa menjadi tanda yang tidak bagus. Kerak atau sisa oli di dinding knalpot dalam mesti dibersihkan. Dalam hal ini mungkin broo tidak bisa melakukannya perawatan sendiri. Tetapi broo bisa menggunakan jasa bengkel spesialisasi knalpot untuk membakar meminta proses pembakaran.

Keropos pada Body Knalpot

Kebersihan knalpot bagian luar ataupun dalam mesti diperhatikan. Ancaman lain yang berisiko menyebabkan knalpot racing cepat rusak yaitu air. Oleh karena itu, ingat selalu untuk mengelap knalpot menggunakan kain agar air tidak mengendap dan membuat kerusakan pada body knalpot.

Itulah beberapa tanda knalpot racing yang mulai rusak. Bila ingin knalpot racing lebih awet dan tahan lama broo memang mesti rutin melakukan perawatan. Dalam penggunaannya juga perlu memperhatikan faktor kebersihan knalpot.