Kenapa Roda Skateboard dan Longboard Dibuat Beda?

Dilihat 1974 kali

Skateboard dan longboard keduanya memang terlihat mirip, sama-sama terdiri dari sebuah papan dengan roda di bagian bawahnya. Sama-sama digerakkan dengan menggunakan keterampilan kaki dan keseimbangan tubuh. Tetapi bukan hanya namanya saja yang beda, ternyata fungsi dan perbedaan bentuknya pun ada artinya sendiri. Salah satu perbedaan yang mencolok antara skateboard dan longboard selain dari ukurannya adalah pada bagian roda. Kalau kamu perhatikan, roda-roda pada longboard lebih besar dibandingkan dengan roda skateboard. Roda yang lebih besar ini bukan untuk membuat kamu tambah gahar broo, tapi ada kegunaannya sendiri. Penasaran beda skateboard dengan longboard? Ini dia informasi selengkapnya.

Dipakai untuk jalanan yang menurun

Kalau kamu sering liat film-film Amerika di mana banyak pelajar yang meluncur ke sekolah dengan menggunakan papan luncur, itu adalah longboard. Longboard merupakan gabungan antara skateboard dan surfingboard dengan kestabilan dan kecepatan yang lebih baik dibandingkan dengan skateboard. Biasanya, panjang longboard bisa mencapai 90 – 150 cm dan lebih banyak digunakan untuk menelusuri jalanan kota atau trotoar. Longboard juga lebih cocok digunakan untuk menuruni tanjakan dan digunakan sebagai alat transportasi karena itu dia membutuhkan roda yang lebih stabil dan kuat agar bisa meluncur dengan lebih cepat. Nggak cuma dipakai untuk sehari-hari kok, ada lomba-lomba longboard yang disebut dengan slalom atau adu cepat menuruni bukit (downhill) dengan menggunakan longboard.

Nah broo, roda yang dipasangkan pada longboard inilah yang membedakan dia dengan skateboard biasa. Ukurannya lebih besar yaitu seukuran 60 mm yang bisa menghasilkan kecepatan lebih tinggi, kestabilan keseimbangan yang lebih baik, dan juga kenyamanan yang lebih baik ketika digunakan untuk melintasi jalanan dengan permukaan yang nggak rata. Dari segi kekenyalan pun berbeda broo, meskipun roda longboard dan skateboard dibuat dari bahan yang sama.

Beda arena mainnya

Selain bentuk roda dan ukuran papannya yang juga beda, skateboard dan longboard memiliki dua arena bergerak yang berbeda. Skateboard memang bisa kamu pakai untuk meluncur di jalanan yang mulus, tapi kalau digunakan untuk jarak yang jauh kurang nyaman dan lebih beresiko karena kestabilan roda yang berbeda. Skateboard lebih difungsikan untuk melakukan teknik-teknik lompatan atau freestyle. Arena bermainnya biasanya di taman-taman kota atau arena khusus skateboard dengan segala rintangannya yang bisa mengasah trik boarding kamu.

Sedangkan untuk longboard dibutuhkan arena yang lebih luas, terutama untuk jalan turunan untuk merasakan asiknya menuruni tanjakan dengan kecepatan tinggi menggunakan longboard. Yang pasti, baik longboard ataupun skateboard, jangan sampai lupa apalagi mengabaikan safety gear-nya ya bro. Kamu harus mengenakan pelindung lutut, siku, dan helm agar saat kamu jatuh resiko cederanya bisa diturunkan. Karena permainan skateboard dan longboard termasuk permainan yang berbahaya dan rawan kecelakaan.