Lima Poin Penting Sebelum Lo Membeli Trekking Pole

Dilihat 41 kali

Alat yang satu ini sebenarnya nggak wajib untuk melakukan aktivitas di medan-medan sulit, namun fungsi trekking pole sendiri nggak bisa diremehin bro. Trekking pole dapat memudahkan perjalanan lo di medan-medan sulit, salah satunya saat mendaki gunung dengan trek sulit seperti summit attack ke puncak Mahameru contohnya.

Ilustrasi penggunaan trekking pole di Gunung Semeru. Source

Nah sebelum lo memutuskan untuk membeli, lo harus tahu cara memilih trekking pole yang tepat. 

Trekking Pole Ringan dan Kuat

Sebagian besar trekking pole sendiri terbuat dari karbon dan alumunium. Karbon berbahan relatif kaku dan punya kelemahan seperti mudah retak dan bengkok. Sementara alumunium memiliki kekuatan yang nggak jauh berbeda dengan karbon, namun dari segi bobot justru lebih berat. Nah pilihan-pilihan ini bisa lo sesuaikan dengan kebutuhan lo.

Flip-Lock

Ilustrasi fitur flip-lock trekking pole. Source

Fitur flip-lock pada trekking pole cukup membantu lo pada saat lo melewati jalanan menanjak. Trekking pole yang menggunakan shock biasanya memang sudah dilengkapi flip-lock. Trekking pole yang memiliki flip-lock dinilai lebih praktis dibanding yang memiki twist-lock karena lebih mudah rusak saat digunakan.

Proporsi Tubuh

Ilustrasi proporsi tubuh dengan trekking pole. Source

Trekking pole yang ideal akan membentuk sudut lengan sebesar 90 derajat, maka gunakan trekking pole sesuai dengan proporsi tubuh. Sudut 90 derajat dianggap dapat menghasilkan momentum tepat. Posisi nggak terlalu rendah atau tinggi ketika mengambil tumpuan.

Handle Trekking Pole

Ilustrasi handle trekking pole. Source

Nyaman digenggam adalah kunci utamanya. Busa dan karet adalah bahan yang sering digunakan untuk membuat handle. Pegangan berbahan busa adalah yang lebih disukai karena lebih empuk dibanding karet. Sementara handle bahan karet yang relatif lebih keras akan lebih tahan lama dibanding busa.

Part Trekking Pole

Semakin sering dipakai, maka kemungkinan kerusakan pada trekking pole pun semakin besar. Jadi saat lo lagi memilih trekking pole, pastikan bahwa part-part-nya dapat diganti jika mengalami kerusakan.

Sumber

Featured Image