Mengenal Harness untuk Panjat Memanjat Yuk!

Dilihat 448 kali

Harness untuk memanjat atau climbing harness adalah safety gear yang penting banget untuk lo ketahui jenis-jenisnya, fungsinya, dan tentu cara pakainya. Kecuali kalau lo punya kekuatan super, lo butuh alat pengaman ketika memanjat tebing yang curam dengan ketinggian yang bisa bikin orang pusing kalau lihat ke bawah. Harness ini umumnya berupa rangkaian tali yang dipakaikan ke badan pemanjat sebagai pengaman apabila pemanjat salah langkah dan jatuh dari tebing. Harness yang terpasang baik akan menahan badan pemanjat dan mengurangi resiko kecelakaan. Harness buatan pabrik sendiri ada beberapa jenisnya tergantung dari pemakaian. Yuk kenali jenis-jenis harness sesuai kebutuhan lo.

Harness untuk gym atau kompetisi memanjat

Dibandingkan dengan jenis harness lainnya, harness yang digunakan untuk kepentingan latihan gymnastic atau kompetisi panjat tebing ini lebih ringan bro. Susunan talinya nggak begitu rumit karena prinsipnya adalah harness nggak membatasi gerakan pemakainya dan si pemakai bisa bergerak dengan cepat. Karena umumnya nggak digunakan untuk memanjat tebing yang berat dan terlalu tinggi, paddingnya pun dibuat sederhana. Makanya harness ini nggak cocok kalau digunakan untuk memanjat tebing yang berat.

Harness multifungsi untuk yang amatir sampai profesional

Kalau lo mau hemat budget atau hanya memanjat tebing cuma untuk senang-senang saja, lo nggak membutuhkan harness khusus. Cukup punya satu harness multifungsi yang bagus karena harness ini bisa digunakan untuk memanjat segala jenis tebing mulai dari level pemula sampai level profesional. Harnessnya pun umumnya didesain mudah untuk dilepaskan sehingga lo nggak perlu membongkar harness kalau mendadak ingin berurusan dengan toilet. Tali untuk kaki dan pada bagian pinggang disatukan dengan penambat yang memungkinkan lo untuk menambatkan pengaman pada dinding tebing.

Harness untuk tebing yang besar

Harness untuk memanjat tebing yang besar dan memiliki lereng-lereng yang curam disebut dengan big wall harness yang digunakan untuk pemanjatan dengan multi-pitch. Memanjat dinding yang besar ini bisa memakan waktu berhari-hari dan nggak jarang pemanjat akan berkemah di celah dinding tebing. Pastinya seram kalau tanpa pengaman. Makanya harness untuk pemanjatan seperti ini bobotnya lumayan berat karena kenyamanan adalah kualitas nomor satu. Padding yang dipasang pada bagian kaki dan pinggang lebih tebal, dan punya banyak pengait untuk tools yang diperlukan.

Harness body dan dada untuk caving

Harness ini bisa berupa harness duduk dan harness dada yang terpisah atau terintegrasi satu sama lain bro tergantung dari kebutuhannya tapi harus selalu dipakai berpasangan. Harness tipe ini lebih banyak dipakai untuk kegiatan caving, tapi bagi pemanjat tebing, harness dada sangat diperlukan apabila ada resiko akan jatuh terbalik seperti ketika memanjat tebing es atau memanjat dengan barang bawaan yang banyak di dalam tas backpack.