Pengen Honda CRF250 RALLY Lebih Liar di Medan Off Road, Begini Caranya!

Dilihat 173 kali

Honda CRF250 RALLY memang terlahir dengan darah dual sport adventure kental. Walaupun begitu, motor ini cukup mumpuni saat Lo tarik ke segmen adventure dengan frame dan mesin yang cukup tangguh, lengkap dengan baju khas motor adventure alias motor rally yang melekat di badannya.

Walaupun begitu, bukan berarti motor ini sudah benar-benar siap diajak main lumpur bro. Pasalnya, untuk bisa jadi motor off road tulen, Lo harus melakukan beberapa ubahan, diantaranya :

Pasang Knalpot Free Flow

Seperti dijelaskan di atas, motor ini berjenis dual sport dengan knalpot yang mengusung standar Euro 4. Selain suaranya lembut banget, tarikan tenaganya pun agak tertahan karena harus mengikuti standar legal jalananan. Agar siap main off road, knalpot standar harus Lo ganti dengan knalpot free flow.

Mengenai merek knalpotnya, sesuaikan saja dengan kebutuhan. Kalau ingin knalpot yang suaranya agak sopan, Lo mesti siapin budget yang lumayan tebal!

Ganti Rasio Final Gear

Setelah knalpot, selanjutnya Lo harus mengubah rasio final gear. Untuk melakukannya, Lo hanya perlu mengganti sprocket belakang dengan ukuran yang lebih besar, atau bisa juga dengan mengganti sprocket depan dengan ukuran yang lebih kecil.

Pilihan lainnya, Lo pun bisa mengombinasikan keduanya hingga hasil tarikan yang diinginkan terpenuhi. Tapi ingat bro, risiko dari pergantian ini bikin speed CRF250 RALLY berkurang drastis.

Pasang Ban Off Road Tulen

Seperti disebutkan di atas, CRF250 RALLY merupakan jenis motor dual sport yang bisa diajak main di jalanan aspal dan semi-off road. Agar makin beringas menjambak jalur lumpur, ban aslinya harus Lo tanggalkan dan ganti dengan ban off road tulen.

Lagi-lagi bro, pergantian ban ini ada risikonya, yakni motor Lo nggak ideal, bahkan berbahaya saat diajak main di jalanan aspal, tapi bakalan lebih mantap saat menggaruk tanah.

Setting Suspensi Lebih Keras

Selanjutnya, sistem suspensi harus Lo perhatikan. Penopang kaki asli dari CRF250 RALLY ini masih terlalu lembek untuk ukuran medan off road. Makanya bro, Lo wajib menggantinya dengan suspensi yang lebih keras untuk meredam gepuran medan off road yang terkenal sadis.

Tentu saja ada risiko yang harus Lo ambil, yakni ketidaknyamanan saat Lo membawa motor ini main di jalanan aspal. Monggo dikunyah-kunyah aja bro!