Personal Dive Gear: Tips Penting Memilih Masker Diving

Dilihat 203 kali

Sebagai seorang diver atau penyelam, mau tidak mau kalian harus memiliki personal dive gear yang mumpuni untuk memaksimalkan kegiatan yang biasa kalian lakukan. Pasalnya, dengan perangkat sendiri, kalian akan mengenali, sekaligus menguasai kelebihan dan kekurangan alat yang kita miliki.

Bagaimanapun juga, tanpa adanya pengetahuan dan penguasaan materi tentang dive gear, proses penyelaman tidak akan maksimal dan nyaman. Salah satunya adalah masker diving, yang menjadi perangkat vital ketika melakukan penyelaman.

Ketika menggunakan masker yang kurang tepat, pandangan akan cenderung kabur dan berembun. Jelas ini sangat mengganggu. Makanya, sebelum memilih masker diving, sebaiknya kalian perhatikan beberapa trik memilih masker diving berikut ini agar proses penyelaman berjalan maksimal.

  • Sebaiknya pilih masker diving dengan bahan silikone bening atau berwarna. Usahakan untuk menjauhi masker yang berbahan karet. Pasalnya, masker ini tidak akan bertahan lama ketimbang masker berbahan silikone.
  • Masker berbahan silikone akan menempel lembut di kulit. Dengan begitu, area mata dalam tidak akan berembun, sekaligus peluang pencahayaan akan lebih maksimal.
  • Usahakan memilih masker yang terbuat dari tempered glass. Bahan yang satu ini dikenal sangat kuat dan aman ketika digunakan.
  • Bingkai masker wajib terbuat dari bahan anti karat, contohnya saja hard plastik atau stainless steel. Pasalnya, air garam akan membuat bahan-bahan seperti besi jadi mudah berkarat.
  • Pilih tali penguat yang bisa disesuaikan dengan mudah. Yang paling baik, tali pengaman terbagi dalam di bagian belakang agar kepala bisa melekat dengan nyaman dan aman selama penyelaman.
  • Pastikan masker yang kalian pilih sudah dilengkapi dengan pengunci otomatis. Fungsinya, agar kalian bisa mengatur dan mengunci tali penguat dengan cepat dan kuat.
  • Usahakan untuk memilih produk dengan merek terkenal. Memang harganya sedikit lebih mahal, tapi setidaknya barang berkualitas akan membuat kalian lebih aman dan nyaman selama menyelam.
  • Pilih bahan yang ringan dan awet. Hal ini berguna agar kalian bisa lebih leluasa bergerak ketika berada dalam air.

Kalau kalian benar-benar buta terkait kualitas dive gear, sebaiknya minta pelatih atau orang yang sudah berpengalaman, memilihkan masker diving yang tepat untuk kalian. Selamat mencoba!