Pingin Motor Trail Awet? Simak Ini Dulu!

Dilihat 632 kali

Sebuah motor yang memiliki tenaga tangguh untuk menempuh medan sulit sekalipun dapat dilakukan dengan motor trail. Bagi kamu yang hobi mengendarai motor trail untuk balapan di medan yang sulit atau sekadar menyalurkan hobi, tentu tidak boleh lupa untuk selalu merawat motor trail agar tetap berfungsi dengan baik. Meskipun ada beberapa pemilik motor trail lebih senang membiarkan motor trail dalam kondisi kotor. Namun tetap saja kamu harus merawatnya agar tidak bermasalah.

Selalu Menjaga Kebersihan Motor Trail

Kamu harus selalu menjaga kebersihan motor trail. Membiarkan motor trail kotor yang penuh dengan tanah atau lumpur dalam waktu sehari, masih dapat ditolerir. Namun jangan lebih dari itu. Kamu harus segera membersihkan motor trail dari segala jenis kotoran. Meskipun motor trail kamu tidak terkena tanah atau lumpur, tetap saja harus rajin untuk dibersihkan. Karena sekalinya motor trail sangat kotor, maka akan lebih sulit untuk dibersihkan. Sebab pastilah ada tanah atau lumpur yang sudah mengeras dans ulit dibersihkan di bagian tertentu pada motor trail.

Selalu Mengecek Kondisi Mesin Motor Trail

Kebanyakan pemilik motor trail paham dengan kondisi mesin motor trail. Sehingga kamu juga harus mengecek kondisi mesin motor trail setiap hari. Bagian yang harus dicek meliputi onderdil. Bagian kopling harus dipastikan berfungsi dengan baik. Kemudian cek bagian piston, karburator, silinder head, dan bagian onderdil lainnya. Kondisi onderdil motor trail yang selalu baik, maka tenaga motor trail kamu juga tetap kuat untuk melaju di medan yang terjal sekalipun. Selain itu, cek bagian kampas rem karena bagian ini sangat penting. Kamu harus mengecek dan memastikan bahwa kampas rem tidak bermasalah. Dan pastikan pula kampas kopling juga masih dalam kondisi yang normal.

Selalu Mengecek Kondisi Rantai Pada Motor Trail

Inilah mengapa kamu penting menjaga kebersihan motor trail. Yaitu, agar rantai motor trail tidak cepat mengalami aus. Segera bersihkan motor trail terutama rantainya jika penuh dengan kotoran. Sebab perlu diketahui bahwa asalkan kondisi motor trail kamu bersih, otomatis rantai motor trail juga akan bersih. Namun tidak sekadar membersihkan dengan lap atau air bersih. Berikan cairan khusus antiaus untuk melumasi kembali rantai motor trail kamu.

Selalu Mengecek Bagian Oli dan Air Radiator

Oli sangat penting untuk selalu dicek. Jika volume oli motor sudah berkurang, maka segera isi kembali. Kemudian cek pula air radiator. Pastikan motor trail kamu tidak mengalami kekurangan air pada radiator. Jika kamu melihat air radiator tinggal sedikit, maka cukup tambahkan dengan air bersih.

Selalu Mengecek Bagian Mur dan Baut

Motor trail kerap beraksi di offroad sehingga tidak menutup kemungkinan bagian mur dan baut motor menjadi tidak kencang. Kamu harus memastikan mur dan baut selalu kencang. Setiap kali hendak mengendarai motor trail, mur dan baut harus ada dan terpasang dengan sempurna.

Itulah tips yang harus kamu perhatikan dan lakukan agar kondisi motor trail selalu terjaga. Karena merawat motor trail itu mudah asalkan ada kemauan untuk merawatnya. Jadi, yang paling penting adalah jangan malas setiap kali merawat motor trail.

Motor Trail