Safety Gear, Kunci Selamat Taklukan Arus Buas!

Dilihat 200 kali

Dari sekian banyak kegiatan air, rafting atau arung jeram merupakan jenis kegiatan alam yang banyak penggemarnya. Walaupun termasuk olahraga ekstrim, bukan berarti kalian yang pemula nggak bisa melakukannya. Tapi ingat semuanya ada aturan main, termasuk wajib menggunakan safety gear.

Buat kalian yang ngebet pengen rafting, berikut merupakan deretan safety gear wajib yang harus kalian kenakan ketika menakjukan arus buas.

Perahu karet

Perahu karet dalam rafting itu hukumnya wajib dong. Lagian kalian mau pake apa kalau nggak ada perahu karet? Paket rakit? Nggak bange deh! Bagaimanapun juga, perahu karet merupakan perlengkapan wajib yang harus dimiliki ketika rafting menaklukan arus buas.

Perlu di ingat, sepatu karet pun ada banyak macamnya, dan ukurannya. Untuk itu, sesuaikan dengan kebutuhan dan kapasitas penumpangnya.

Dayung

Dayung atau yang dikenal juga dengan nama paddle merupakan perlengkapan wajib yang harus dimiliki. Selain untuk membantu perahu karet melaju, dayung pun berguna untuk mengarahkan perahu menghindari batu dan rintangan lainnya yang bisa bikin perahu terbalik.

Helm keselamatan

Ketika menaklukan arus liar, risiko yang paling mungkin terjadi adalah, kalian terjatuh dalam air, kehilangan kendali, hingga akhirnya membentur bebatuan. Untuk itu, demi menjaga kepala dari benturan, wajib hukumnya menggunakan helm keselamatan ketika rafting.

Walaupun fungsinya sama-sama untuk melindungi kepala, helm rafting berbeda dengan helm sepeda motor atau helm kegiatan esktrim lainnya. So, gunakan yang standar ya!

Rompi pelampung

Sejago apapun kalian berenang, tetap saja rompi pelampung merupakan gear wajib yang harus dikenakan. Dalam rafting, yang jadi masalah itu bukan hanya bebatuan dan kedalam sungai, melainkan arus liar yang tidak bisa dianggap enteng.

Sepatu

Kalau perlengkapan diatas sifatnya wajib, sepatu justru tergolong perlengkapan yang nggak terlalu wajib dikenakan, tapi punya peran yang cukup penting untuk menunjang kenyamanan dan keselamatan. Untuk itu, sangat pantas kalau sepatu masuk dalam deretan safety gear wajib selama menaklukan arus liar.

Agar lebih aman, sebaiknya dampingi diri kalian dengan teknik dan pengetahuan yang lengkap mengenai rafting. Selain itu, sebelum benar-benar terjun, sebaiknya minta bantuan kepada instruktur profesional untuk jadi pendamping.