Tren Wetsuits Buat Diver Dan Surfer

Dilihat 150 kali

 
Prioritas orang milih wetsuits buat dukung aktivitas air mereka, terutama diving dan surfing, itu sekarang lebih ke soal kenyamanan, elastisitas dan kualitas material,
 
Hal ini diaminin sama Rani Bustar, diver cewek yang udah cukup pengalaman.
Instagram Rani Bustar @myaprika. Source
 
 
"Kalo mau beli dive gear tuh jangan cuma soal merek dan harga, pertimbangan utama tetap kenyamanan dan pas dipakai. Jadi kalo bisa ya harus dicobain. Karena dive gear ada yang sifatnya sangat personal, misalnya bentuk muka satu dan yg lain ga ada yg identik. Jadi bisa aja buat satu orang akan terasa nyaman, tapi buat orang lain ga pas," jelasnya ke tim Super Adventure.
Ilustrasi Wetsuits. Source
 
Nah selain soal nyaman, dive gear adalah salah satu variabel yang juga harus bisa jaga safety saat melakukan diving
 
"Diving ini kan olahraga/aktivitas ekstrim jadi dive gear juga harus bisa menjamin safety saat dipakai di bawah air," imbuhnya.

Untuk diver cewek, dia saranin enaknya pake dive gear khusus cewek, kayak wetsuit dengan potongan atau disain yang khusus dibuat untum cewek. 

 
Apalagi biasanya ukuran wetsuit cewek itu lebih kecil daripada cowok. 
 
"Ada juga kok regulator yg mini ga terlalu gede kalo dimasukin ke mulut. Masker yg fit di muka imut cewek juga ada sekarang. Belinya bisa di dive shop yang tersebar di Jakarta dan Bali," jelasnya.
Ilustrasi regulator. Source
 
Kalo soal merek, banyak banget di pasaran dan mereka bersaing ketat dari kualitas sampe inovasinya. 
 
Mulai dari elastisitas, tingkat kenyamanan (body fit/seleting atau tanpa seleting), hidrophobic, anti bau dan anti bakteri. Bahkan ada model yang punya serat mineral tinggi agar tubuh tetap hangat dalam waktu lama.
 
Tapi menurut Rani, soal dive gear, masih berlaku ada harga ada rupa, yang artinya merek low end lebih murah. Nah kalo merek high end udah pasti lebih mahal, tapi dijamin lebih awet dan lebih nyaman dengan material yang lebih bagus.
Twitter Rani Bustar @myaprika. Source
 
"Tinggal pilih aja, kalo mau murah ya harus mau kompromi soal kualitas," tutupnya.
 
Oleh Edwin Yusman F