Viar Siap Luncurkan Motor Adventure 200/250cc, Berapa Harganya?

Dilihat 856 kali

Perkembangan dunia otomotif di tanah air sangatlah berkembang pesat, terutama disegmentasi kendaraan roda dua. Banyak merk dan pabrikan membanjiri pasar Indonesia dan mencari peruntungannya. Terselip nama Viar Motor dari sekian banyaknya pabrikan besar dunia dan menjadi satu-satunya pabrikan lokal yang masih mampu bersaing. Suatu kebanggaan Viar Motor ini masuk keempat besar jumalah penjualan, dan menjadi yang terbaik pada penjualan segment roda tiga.

Tetapi perlu dukungan masyarakat luas, untuk menjadikan Viar Motor ini menjadi lebih besar. Karena masih banyak yang belum tau kalau Viar Motor ini merupakan pabrikan atau merk asli Indonesia. Sebagi orang Indonesia kamu juga perlu bangga, karena produk otomotifnya sudah mendunia, dibeli olah negara luar dan tetangga. Yang paling banyak adalah produk roda tiga dan diikuti produk motor trail seperti Viar X 150 ES dan Viar Cross X 200.

Berbicara mengenai produk motor trail, dalam waktu dekat Viar Motor Indonesia bakal meluncurkan lagi dua motor trail sekalian. Motor tersebut punya kapasitas mesin 200cc dan 250cc. Pada varian 250cc kemungkinan menggunakan mesin seperti punya Cross X 250 ES, mesin berupa 249cc, 1-silinder, SOHC, 4-stroke, dan berpendingin cairan. Kalaupun ada perbedaan, terletak pada rasio gear dan sistem pembakaran. Sedangkan varian 200cc menggunakan mesin yang sama dengan Cross X 200 ES. Mesin 200cc ini sangat sederhana dengan mengusung model SOHC 2-valve, sistem pembakaran karbu, dan berpendingin udara. Meskipun demikian, output power mesin dianggap lumayan karena mampu melontarkan tenaga maksimal 17,4 HP dan torsi maksimal 15 Nm.

Pembahasan yang menarik, mengenai penyematan bandrol harga motor trail Viar ini. Menurut sebuah memprediksi, kemungkinan motor Viar trail dijual sekitar Rp. 30-40juta untuk varian 200cc. Kemudian untuk versi 250cc bisa diprediksikan di atas Rp.50juta. Tidak emahalan? Bahkan masih cukup logis, karena pihak Viar berencana menjual motor yang sudah dilengkapi dengan crash bar/engine guard dan panniers box. Dua piranti tersebut, tidak dijual eceran, sepaket dengan motor. Belum lagi ditambah biaya pembuatan surat-suratnya yang biasanya juga nggak sedikit ya bro.