Buat Lo Yang Pengen Diving, Syarat-Syarat Ini Yang Harus Lo Penuhin

Dilihat 336 kali

Di Indonesia, kekayaan baharinya udah jelas nggak ada tandingannya seantero bumi. Dibawah laut Indonesia itu indah banget bro bahkan selalu ninggalin jejak misteri yang nggak pernah puas untuk ditelusuri. Hampir semua diver kelas internasional pun datang ke Indonesia buat nikmatin mahligai lautnya seperti spanish dancer di Banda Neira atau renang bareng Manta Ray di Derawan.

Banyak orang yang bilang kalau diving termasuk salah satu kegiatan yang banyak banget aksesoris dan perintilan-nya. Nggak salah sih, tapi supaya kegiatan diving lo aman dan nyaman lo emang harus bawa beberapa perintilan krusial yang wajib. 

Pertama, lo harus punya sertifikat. Sertifikat diving ini bisa lo dapetin setelah lo ikut kursus diving yang biasanya dilakukan selama 4 hari. Untuk menjadi seorang diver minimal lo udah nguasain kemampuan-kemampuan dasar ketika sedang menyelam. Sulit sih pasti ya bro, tapi sertifikat itu perannya besar banget dan berlaku di seluruh dunia. 

Yang kedua adalah BCD (Buoyancy Control Device) yang umumnya dipakai semua penyelam. Selang inflator menghubungkan BCD dengan tangki oksigen, serta terdapat dua tombol inflate dan deflate pada BCD agar penyelam dapat mengatur takaran udara yang tepat sehingga tubuh bisa seimbang di dalam air. Semakin banyaknya udara dalam jaket, maka badan lo akan naik ke permukaan, sebaliknya semakin sedikit udaranya maka lo akan semakin turun. Fungsinya supaya lo bisa dapat keseimbangan netral dan bisa bebas kesana kemari di bawah laut.

BCD

Sumber Gambar : scubasimulator.net

Bernafas di dalam laut jadi mungkin berkat alat bernama regulator. Ada katup khusus yang akan ngatur aliran oksigen saat lo menarik nafas lalu saat lo menghembuskan nafas regulator melepaskannya dalam bentuk gelembung. Pada umumnya setiap penyelam membawa 2 buah regulator untuk cadangan atau antisipasi.

Regulator

Sumber Gambar : scuba.com

Kemudian ada yang namanya Depth, Pressure Gauge, dan jam tangan khusus. Depth gauge membantu lo untuk tahu level kedalaman saat di bawah laut. Pada saat mengikuti materi sertifikasi diving pasti lo bakal belajar soal ini. Penting banget untuk selalu punya perencanaan yang matang untuk tahu kedalaman maksimum yang mampu lo jelajah. Sementara Pressure Gauge berfungsi mengetahui berapa kadar oksigen yang tersisa di dalam tangki. Jam tangan anti air dengan baterai yang bagus juga diperlukan supaya lo nggak lupa waktu berapa lama waktu lo udah dihabiskan di bawah laut.

Sumber Gambar : media.diveshop.ae

Masker dan fins juga jangan dikesampingkan bro. Struktur wajah setiap orang pasti berbeda-beda, so masker menjadi sangat personal. Jangan sampai nggak pas di wajah lo ya, nggak enak kan kalau kemasukan air ketika lagi seru-seru diving. Kemudian fins juga diperlukan supaya lo terus bisa melaju di dalam laut, semakin panjang fins maka semakin mudah udah berkeliaran di dalam laut.

Sumber Gambar : scuba.com

Hampir nggak mungkin manusia bisa turun ke dalam air tanpa bantuan alat pemberat, kalo nggak pakai pemberat pasti mengapung. Pemberat sangat krusial dalam mengatur keseimbangan. Ada macam-macam pemberat yang digunakan oleh penyelam, seperti yang dipakai sebagai ikat pinggang

Yang terakhir adalah tangki scuba. Ukurannya bervariasi sesuai tinggi badan penyelam. Isinya yaitu campuran gas yang dibutuhkan penyelam selama di dalam laut.

Itu lah syarat-syarat dan peralatan diving yang harus lo lengkapin kalau lo emang tertarik untuk menyelam. 

Sumber Gambar :

dreamicus.com

Referensi Artikel :

wego.co.id