Cliff Diving, Jauh Lebih Tinggi dari Lompat Indah, Berani?

Dilihat 561 kali

Alright kita kembali lagi dengan artikel olahraga ekstrem. Olahraga ekstrem yang akan kita bahas kali ini, adalah cliff diving. Oke buat intermezzo saja, artikel ini dibuat setelah libur panjang di awal bulan May. Berbicara tentang liburan, punya acara ke mana lo kemarin ketika liburan long weekend? Jika lo ngga ada acara, ngga apa-apa, bro. Mungkin liburan berikutnya, lo bisa punya acara sendiri yang ekstrem. Ekstrem seperti apa? Mungkin lo bisa melakukan extreme adventure, extreme sports, extreme travelling, dan lain sebagainya. Atau mungkin lo bisa melakukan cliff diving sebagai acara liburan lo berikutnya.

Lo pasti semua sudah pada tahu kan apa itu cliff diving? Alright sebagai pemberitahuan aja, cliff diving adalah sebuah olahraga ekstrem yang sedikit sama dengan olahraga lompat indah. Sebagai pembedanya, lompat indah dilakukan di dalam ruanag atau memang di kolam renang, sedangkan cliff diving dilakukan di luar ruangan dan langsung lompat ke perairan lepas; baik sungai, danau, atau laut. Salah satu yang bisa dipastikan dari perbedaan ini adalah, cliff diving memiliki tingkat bahaya yang sangat tinggi, tidak seperti lompat indah yang sepertinya sudah sangat dipetakan tingkat bahayanya. Ketika lo melakukan cliff diving, lo ga akan tahu apa yang sebenarnya ada di bawah air, lo ga akan tahu apakah lompatan lo cukup jauh untuk berhasil sampai di perairan tanpa membentur karang atau bebatuan sekitar, dan apakah lo tahu seberapa tingginya tempat untuk melompat lo secara pasti?

Berbicara tentang ketinggian, cliff diving sepertinya memiliki tingkatan ketinggian yang lebih daripada lompat indah. Ya, sebagai bukti lo bisa lihat video yang ada di atas. Video yang diambil dari situs Youtube ini, memiliki sebuah judul yang sangat mencengangkan, “Cliff Jumping in Vermont 110 Feet”. Kebayang ga gokilnya lompat dari ketinggian 110 kaki? 110 kaki itu sangat tinggi, bro. Lalu  dilakukan dengan menggunakan gerakan indah ala lompat indah. Pasti sangat seru dan ekstrem bukan? Sudah begitu, ada pula yang sengaja melakukan cliff diving ini dengan menggunakan skateboard sebagai tolakannya. Sungguh sangat ekstrem. Apalagi lompat pada ketinggian 110 kaki, jantung sepertinya berhenti berdetak dan menunggu badan kita sampai air lalu mulai berdetak lagi. Lo harus coba cliff diving, bro.

Sudah banyak kok spot-spot cliff diving terkenal di Indonesia, sebagai contoh di Nusa Ceningan, Bali.  Nah, di sana lo bisa melakukan cliff diving untuk pemula. Sudah begitu, pemandangan di sana bagus pula. Jadi sebelum lo lompat, lo bisa menikmati pemandangannya dulu. Tertarik mencoba, bro? Sebagai saran, masukkin cliff diving ke dalam rencana liburan lo, bro!