Seni Lintasi Berbagai Rintangan, Parkour dan Free Running

Dilihat 432 kali

Sebagian orang menganggap Parkour sebagai aksi loncat-loncatan cari perhatian tanpa arah. Atau cuma segelintir orang yang ga ada aktifitas lain. Tingkahnya loncat dari satu tempat tinggi ke tempat rendah, tempat yang sejajar atau tempat yang beresiko untuk jatuh. Apakah sekedar itu bro? Tentu tidak.  Bahasa keren dari lompat dan loncat tersebut bernama Parkour dan untuk mengambil salah satu tehnik tersebut dibutuh kan kemampuan free running yang optimal.

Ternyata ga sekedar lari dan loncat loh bro, ada beberapa manfaat bagi tubuh kalian. Tentu saja cuma buat lo yang mau uji nyali dan kekuatan tubuh lo. Terlebih lagi, cara lo lompat dan mendarat harus seirama dan menciptakan gerakan mendarat yang indah, ga hanya sekedar jatuh bergulingan. Seperti yang lo lihat di video ini, inti dari parkour adalah mengoptimasi semua kekuatan tubuh lo sehingga seimbang dan siap untuk menghadang semua hambatan.

Kalo lo mau nyoba parkour sebaiknya coba secara bertahap. Explore dulu area yang mau lo jadiin parkour. Kalo lo belom expert banget kaya yang di video ini, jangan coba-coba melompat antar gedung karena yang ada nyawa lo bisa terancam. Pilih rintangan-rintangan ringan dan ga terlalu tinggi. Mindset adalah hal penting dalam Parkour bro. Berpositif thinking bahwa lo bisa melompati rintangan lebih bekerja dengan baik daripada kekuatan otot. Ingat, pikiran adalah raja.  Ditambah dengan mengalahkan semua ketakutan yang ada dalam pikiran lo. Lawan ketakutan tersebut dengan mengendalikannya lewat pikiran lalu wujudkan di kenyataan.

Nah ga ada gerakan yang kaku dan baku dalam parkour karena lo bisa bebas berekspresi tergantung dari situasi dan posisi lo waktu mendarat serta meloncat. Dengan begitu, pikiran lo akan terlatih untuk selalu mencari problem solving dan beradaptasi dengan semua yang ada di lingkungan lo.

Latihan. Ya, itulah kunci dari kesuskesan semua nya bro. David Belle dalam video ini ga mungkin mewujudkan skill parkour sehebat itu kalau bukan karena latihan. Butuh belasan tahun untuk bisa jadi David Belle. Tapi jangan kecil hati bro, lo bisa banget kaya David Belle. Tetap semangat berlatih dan cari orang-orang yang satu visi dengan lo. Menjadikan Parkour bukan sebagai kompetesi melainkan ajang untuk mengalahkan rasa takut lo dan melahirkan sejuta keberanian bro.