Siapa yang Berani Bertemu si Kepala Martil di Bimini Island?

Dilihat 687 kali

Bahama merupakan kepulauan di Samudra Atlantik yang terdiri dari sekitar 700 pulau. Kepulauan ini merupakan salah satu tujuan liburan favorit, khususnya bagi warga Amerika Serikat. Bahkan kala musim dingin berlangsung, tak sedikit wisatawan dari Negeri Paman Sam mengungsi ke Bahama agar mereka dapat menikmati cuaca yang lebih hangat.

Dari sekian banyak pulau eksotis yang ada di Bahama, ada beberapa nama yang tidak boleh dilewatkan kala kalian bertandang ke sana. Cat Island, Long Island, Crocked Island, dan Grand Bahama adalah sebagian pulau yang kerap disambangi turis. Kemudian, ada Bimini Island, sebuah pulau yang lokasinya paling dekat dan mudah dijangkau dari benua Amerika. Bimini tak hanya terkenal akan kecantikan dan keasrian pemandangannya. Pasalnya, di sini kalian dapat melakukan sebuah aktivitas ekstrem, yakni shark diving atau menyelam bersama hiu.

Jenis hiu yang akan kalian jumpai di Bimini Island pun sangat unik: hammerhead shark. Sesuai namanya, hiu ini mempunyai kepala yang menyerupai martil. Kemudian, penyelam juga akan bertemu dengan jenis hiu lain yang tak kalah unik seperti carribean reef shark dan black nose shark. Spesies lain yang tinggal di perairan Bimini meliputi lumba-lumba dan pari. Pasti bakal seru banget menyelam di sini, bro!

Bayangkan saja sensasi yang akan kalian rasakan saat bertemu predator yang selama ini disegani oleh manusia maupun mahluk-mahluk lain di laut. Ketika penyelam masuk ke dalam perairan, mereka akan bertemu dengan hiu seperti carribean reef shark yang dikenal sebagai predator tertinggi pada ekosistem terumbu karang. Kalau kalian belum tahu, Samudra Atlantik adalah habitat atau tempat tinggal dari jenis hiu tersebut. Carribean reef shark amat disegani karena bertanggung jawab atas sebagian kecil serangan terhadap penyelam.

Bila kalian belum berani berhadapan dengan carribean reef shark, ada hammerhead shark atau hiu martil yang ukurannya lebih kecil dan unik. Jenis hiu tersebut tergolong sebagai predator agresif yang memiliki panjang tubuh 2 sampai 6 meter. Seperti jenis hiu lainnya, hiu martil mempunyai electrolocation, sebuah pori sensor yang sanggup mendeteksi sinyal listrik sebesar setengah miliar volt! Bentuk kepalanya yang unik pun bukan tanpa fungsi, bro, pasalnya hiu martil punya tingkat penciuman lebih luas.

Satu hal yang pasti, kalian jangan gampang panik saat melakukan shark diving di Bimini.