Tips Menyiapkan Sepeda Lo Untuk Menjelajah Gunung!

Dilihat 123 kali

Acara petualangan dengan sepeda bukan berarti nggak ada persiapannya lho.  Ada beberapa tips yang bisa lo ikutin supaya sepeda yang lo pake bener-bener siap untuk petualangan lo itu.

Pertama nih, cek tekanan ban. Wah ini penting banget bro karena medan perjalanan yang kita mau tempuh bisa aja cukup terjal dan ini pastinya butuh dukungan dari ban yang prima.

Sarannya nih nggak usah diikutin tulisan tekanan yang tercetak pada ban, semua harus disesuaikan dengan bobot lo dan tentunya medannya. Kalo terlalu keras, ini bakal susah buat medan yang terjal. Tapi kalo terlalu membal juga gak bagus apalagi pas harus melewati jalan yang datar.

Kedua, cek remnya. Ini bagian dari keamanan lo bro! Rem cakram hidrolik emang memudahkan buat ngatur tingkat kecepatan.

Via playwinterpark.com

Ketiga, sesuaikan tinggi saddle-nya. Nah kalo yang ini bagian dari kenyamanan terutama untuk mengayuh sepeda. Aturan yang bener pokoknya kaki harus lurus, dengan tumit mennginjak pedal sedangkan crankarm ada sejajar dengan kaki. Buat medan yang menanjak, lo bisa turunin saddlenya 1-2 cm buat bisa menyeimbangkan sepedanya.

Keempat nih, lo harus cek garpu suspensinya dan setting stem-nya. Kalo stemnya dinaikkin, lo bisa dengan mudah melewati tantangan jalan menurun.

Jadi udah siap berpetualang kan?

Featured Image : cogwild.com

Referensi Artikel : mbr.co.uk