Tips Sukses Untuk Petulangan Nyetir Di Medan Berlumpur!

Dilihat 101 kali

Nyetir di medan yang sangat berlumpur bukan pekerjaan mudah, bro. Bahkan meskipun lo ngerasa mobil yang lo pakai sudah siap untuk medan itu, misalnya dengan tipe 4WD sekalipun, lo masih bisa tergelincir bro.

Via pinterest.com

Itu bener-bener pernah gue alamin sewaktu gue harus melewati daerah yang ternyata adalah lokasi sebuah tambang emas rakyat di daerah Sulawesi. Lumpur yang timbul di jalan yang gue lewatin itu berasal dari kegiatan penambangan emas yang memanfaatkan air dari sungai setempat.

Meski saat itu gue naik Ford Ranger 4x4, ternyata gak semudah itu dia bisa menembus area berlumpur itu. Ketika di tengah medan berlumpur, ternyata mobil gak bisa melaju alias slip dan harus ditarik dengan mobil lainnya.

Nah pengalaman kayak gini nih, yang gak boleh terjadi sama lo. Secanggih keterampilan lo menyetir, gak ada salahnya nih lo baca trik bocoran pereli Rifat Sungkar berikut:

Jenis Ban

Ban yang dipakai sewaktu lo mau berpetualang melewati area berlumpur harus jenis ban Mud Terrain (MT) karena kalo lo pake ban jenis All Terrain (AT) dijamin bakaln selip. Ban jenis AT itu gak ada grip-nya jadi kurang ‘gigit’ pas lewatin area berlumpur.

Laju Mobil

Di saat lewat area berlumpur, lo harus pakai gigi dua tapi tetap memastikan RPM alias putaran mesin rendah. Pakai gigi satu malah justru bisa bikin selip dan mobil spinning seperti yang gue alami dengna tim sewaktu di Sulawesi itu.

Mode Off-Road

Ini salah satu yang bisa dihandalkan, yaitu fitur mode off-road yang diaktifkan. Dengan fitur ini, mobil lo seolah diposisikan siap untuk kegiatan off-road dengan posisi gigi dan besaran torsi yangpas. Tapi sayangnya fitur ini gak selalu ada di semua mobil yang ada di Indonesia. Fitur canggih ini diyakini bisa bantu orang yang belum biasa di meda berlumpur untuk gampang ngelewatinnya.

Featured Image : pxhere.com

Artikel Disadur Dari : solopos.com