Tips-Tips Untuk Memotret Satwa Liar

Dilihat 94 kali

Fotografi menjadi salah satu misi dalam berpetualang. Tanpa fotografi, petualangan terasa seperti "sup yang kurang garam". Bagaimana bila memotret satwa liar? bisa saja bagus tetapi mungkin blur karena satwa tersebut atau mungkin satwa yang menjadi objek merasa terancam dan marah atau kabur. Berikut tips-tips untuk memotret satwa liar.

Selalu Gunakan Lensa Tele (Telephoto)

Fotografi satwa liar merupakan suatu tantangan. Lo engga bakal tau apa yang akan di temukan di sepanjang jalan. Mungkin itu tumbuhan unik atau binatang yang sedang bergantungan di atas pohon. Sebagai petualang, lo harus bisa memperhatikan sekeliling apa saja yang bisa di potret dari jarak dekat maupun jauh. Dengan Lensa Tele, para petualang dapat memotret objek dari jarak yang cukup jauh agar tidak ketinggalan saat saat penting yang bagus untuk di potret.

llustrasi Saat Elang Memangsa Burun Lain. Source

Selalu Mengatur Pencahayaan

Seiring awan berlalu, seiring waktu pun berlalu, begi pula pencahayaan. Tidak ada salahnya untuk menyesuaikan pencahayaan kamera lo secara berkala. Akan menjadi percuma, apabila lo sudah memotret suatu objek, tapi pencahayaannya kurang cocok.

Selalu Membaca Bahasa Tubuh Binatang

Binatang tidak memiliki kata-kata unutuk berkomunikasi dengan manusia, mereka hanya mengerang, atau mengeluarkan ekspresi menyeramkan menjadi tanda bahwa hewan tersebut merasa terancam. Bila lo melihat ada ekspresi tersebut pada binatang yang ingin di potret, sebaiknya bergerak mundur.

Ilustrasi Rakun Sedang Mengerang. Source

Cobalah Berbicara, Lebih Aman Apabila Binatang Mengetahui Keberadaan Lo

Sebenarnya, Binatang dapat mengetahui keberadaan lo apabila di dekatnya. Tidak ada salahnya untuk memanggil binatang tersebut dengan tujuan mengambil pose yang bagus untuk binatang tersebut.

Ilustrasi Seekor Rusa Sedang Menengok Kearah Fotografer. Source

Potretlah Binatang Apabila Sedang Melakukan Hal-Hal Konyol

Binatang tidak peduli bagaimana mereka terlihat. Mereka melakukan hal-hal yang perlu di lakukan tanpa ada rasa malu. Hal-hal tersebut akan terlihat lucu bagi manusia dan menjadi unik bila di potret.

Potret Dua Ekor Bison Sedang Berguling Guling Diatas Pasir. Source

Featured Image

Sumber