Waspadai Tanda-tanda dari Cedera Serius Saat Lo Melakukan Downhill!

Dilihat 71 kali

Menjelajahi alam bebas dengan downhill bakal memberikan pengalaman yang mendebarkan sekaligus menyenangkan buat penggiatnya. Saking larut dalam euforia, kadang lo enggak sadar mendapatkan cedera akibat tergores ranting atau malah terjatuh. Sayangnya, sebagian pesepeda downhill malah tak mengacuhkan hal tersebut dan terus menggowes sampai garis akhir.

Sebagai tindakan antisipasi, lo harus mengetahui dulu sinyal-sinyal yang diberikan tubuh saat menerima cedera di tahap awal, antara lain:

Sensasi nyeri pada sendi

Sensasi nyeri di persendian—khususnya siku, pergelangan kaki dan tangan, serta lutut—harus segera mendapatkan atensi penuh. Pasalnya, tak hanya otot yang membungkus sendi-sendi dalam tubuh kita, bro, dan bisa saja tanda tersebut menandakan gelaja dari masalah lain di dalam tubuh. Kalau nyerinya berlangsung selama lebih dari 48 jam, lo harus memeriksakannya ke dokter.

Sensitif pada titik tertentu

Lo harus waspada kalau mampu mengundang sensasi nyeri pada titik tertentu yang berada di area sendi, otot, maupun tulang. Hal tersebut menandakan cedera yang cukup serius dan harus ditangani secepat mungkin. Selain itu, lo juga harus memastikan sensitivitas di bagian tubuh yang lain agar pemeriksaan di dokter dapat dilakukan secara optimal.

Mengalami pembengkakan

Sebenarnya, cedera-cedera yang terjadi dalam olahraga—termasuk downhill—akan menimbulkan tanda pembengkakan. Gejala ini biasanya disertai pula dengan sensasi sakit, warna kemerahan pada kulit, lalu rasa hangat di bagian yang membengkak. Sementara bengkak pada sendi akan menimbulkan rasa kaku, sakit, serta berderak akibat pantulan antara tendon.

Terbatasnya ruang gerak

Tanda berikutnya yang ditimbulkan dari cedera saat downhill adalah terbatasnya ruang bergerak. Sering kali lo merasakan kemampuan bergerak yang semakin berkurang setelah mengalami cedera dari jatuh atau semacamnya. Jangan paksakan diri untuk terus menggowes kalau hal ini terjadi. Menepilah untuk memeriksakan diri dan meminta bantuan.

Mati rasa dan kesemutan

Jangan pernah mengabaikan sensasi kesemutan hingga mati rasa yang terjadi saat downhill. Soalnya, dua gejala ini menandakan atau berkaitan dengan syarat yang terjepit. Cedera yang serius pun dapat menimbulkan reaksi yang serupa. Maka dari itu, lo harus segera menghentikan permainan dan segera periksakan diri kepada dokter tepercaya.

Semoga dengan mengetahui tanda-tanda dari cedera serius di atas bisa membuat lo main downhill dengan hati-hati, ya, bro. Jangan lupa buat menjaga kesehatan mental dan fisik!