Berjayanya Komoditas Kopi Nusantara

Dilihat 262 kali

"Orang bilang tanah kita tanah surga. Tongkat kayu dan batu jadi tanaman", sepenggal lirik lagu tempo dulu dari Koes Plus memang harus diakui kalau melihat kesuburan alam Negeri ini. 

Ilustrasi kopi dan peta Indonesia. Source

Sudah sejak dahulu kala (Era kolonialisme) kopi menjadi salah satu komoditi unggulan hasil perkebunan Indonesia. Indonesia beruntung memiliki kondisi alam dan tanah yang sangat subur. Berbagai jenis kopi hasil olahan Indonesia telah menjadi primadona di beberapa negara pengimpor kopi. Kualitas kopi Indonesia layak disandingkan dengan negara pengekspor kopi besar lainnya seperti Brazil atau Kolumbia.

Pada bidang pertanian, tanah subur Indonesia sangat potensial. Untuk kopi sendiri, Indonesia menjadi negara ke empat terbesar di dunia setelah sebelumnya pernah menjadi yang nomor satu. Bahkan Indonesia selalu menjadi negara pemasok kopi terbesar untuk kawasan Benua Biru. 

Kedai Kopi Lokal; Legipait, Jl. Pattimura No 24, Malang, Jawa Timur. Source

Dengan maraknya industri kopi dan para pecintanya, kini selain mengandalkan pasar internasional, petani kopi lokal juga mengandalkan kepada customer dalam negeri. Mungkin dapat kita lihat di sepanjang jalan kota-kota besar atau pun kecil sangat banyak coffee shop yang memasarkan produk ini dengan macam-macam olahannya. 

Presiden Joko Widodo di Kedai Kopi Lokal; Tuku. Source

Bahkan saking berjayanya komoditas kopi, pemerintah Indonesia telah meneken Memorandum of Understanding (MOU) antara BUMN Rusia, Rostec, dengan BUMN Indonesia, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia. Perjanjian kedua belah negara tersebut berisi tentang pertukaran (barter) 11 unit pesawat terbang tempur Sukhoi SU-35 dengan sejumlah produk ekspor hasil pertanian asli Indonesia, khususnya kopi.

Pesawat Tempur Sukhoi SU-35. Source

Komoditas kopi di Indonesia nggak bisa diremehkan bro. Kejayaan kopi nusantara yang mendunia sudah sejak ratusan tahun yang lalu. Berbangga lah bro dengan kopi asli Nusantara kita. 

Featured Image

Sumber