#IDARE Menanamkan Peribahasa "Semakin Berisi Padi, Semakin Merunduk"

Dilihat 100 kali

Ada takaran-takaran khusus untuk menilai keberanian seseorang, salah satunya adalah semakin berilmu orang tersebut berarti semakin berani juga orang itu. Ilmu sejatinya berbicara tentang keberanian dan tekad yang kuat serta datang dari pengalaman-pengalaman yang belum tentu dialami oleh orang lain.

"Ibarat padi, semakin tinggi ilmunya maka semakin rendah hati sifatnya"

Peribahasa di atas adalah salah satu peribahasa yang sering kita dengar. Peribahasa tersebut dapat digunakan dalam kehidupan keseharian, baik dalam bentuk tulisan maupun sebagai perumpaan. 

se

Ilustrasi padi yang sudah matang. Source

Memberikan ilmu kepada orang-orang yang membutuhkan atau bimbingan atau arahan sejatinya merupakan hal yang mulia. Ilmu sekecil apapun akan sangat berguna bagi yang membutuhkan arahan. 

Belajarlah seperti padi. Sejak awal tanam padi hanya beberapa lembar saja yang ditanam, setelah mendapatkan air dan pemupukan maka akan tumbuh menjadi padi yang subur. Namun ketika sudah matang, daun padi akan semakin menguning, tangkainya semakin merunduk. 

Ilustrasi pendaki gunung berpengalaman. Source

Yang bisa diambil dari kisah padi; ketika padi telah menguning, burung pipit akan menghampiri dan memakan padinya. Artinya adalah ketika kita menguasai ilmu dengan benar, maka rejeki akan datang dengan sendirinya tanpa disangka-sangka, karena sebenarnya mereka sangat membutuhkan kita.

Di luar dari sifat keegoisan manusia, hendaknya kita harus berani untuk membagikan ilmu yang dimiliki karena ilmu baiknya dibagikan bukan disimpan sampai mati.

Ilustrasi pendaki gunung. Source

Seorang pendaki gunung yang "disepuhkan" pastinya akan membagikan pengalaman dan mengajari para pemula bagaimana pendakian gunung itu berlangsung.

Featured Image

Sumber