#IDARE Untuk Keluar Dari Zona Nyaman

Dilihat 115 kali

Bro, berada di area zona nyaman itu emang benar-benar nikmat rasanya, bisa bikin terlena karena terlalu nyaman. Kerjaan santai, bisa bersenang-senang, no pressure, pokoknya perasaan-perasaan yang bikin lo merasa udah settle. 

Bergerak dari zona nyaman. Source

Tapi lo harus tau bro, secara nggak sadar kenyamanan itu nggak bisa lo nikmati terus menerus dan kenyamanan itu sendiri adalah penghalang untuk maju dan berkembang. Berikut alasan-alasan yang masuk akal kenapa lo harus bergerak dari zona nyaman:

Kehidupan Yang Membosankan

Ilustrasi seorang pria merenung. Source

Karena terlalu menikmati berada di zona nyaman, ada saatnya lo akan menyesal karena kehidupan yang lo pilih sangat membosankan dan gitu-gitu aja. Melakukan sesuatu yang positif di luar rutinitas lo misalnya, dan juga berani menerima tantangan, pastinya membuat hidup lo semakin super.

Menemukan Sesuatu Yang Berharga

Joseph Campbell pernah bilang begini, "Goa yang membuat anda takut menyimpan harta karun yang anda cari".

Sesuatu yang berharga akan anda temui. Source

Perumpaan seperti yang dikatakan oleh Joseph Campbell mengandung kebenaran. Harta karun dapat diartikan sebagai sesuatu yang berharga yang nggak akan lo dapatkan selama lo takut untuk keluar dari zona nyaman.

Tumbuh dan Berkembang Menjadi "Seseorang"

Ilustrasi seorang rock climber yang keluar dari zona nyamannya. Source

Setiap orang pasti memiliki potensi untuk menjadi "seseorang" yang nggak bakal keluar kecuali lo seorang pemberani. Berani untuk berkembang. Berpetualang terhadap hal yang baru dan zona yang baru mampu membuat lo untuk tumbuh dan berkembang secara psikologis.

Menemukan Tujuan Hidup

Berjalan terus menemukan tujuan hidup. Source

Apapun tujuan hidup lo baru bisa ditemukan ketika lo keluar dari zona nyaman lo, karena tujuan tersebut hanya bisa diraih melalui perjalanan lo. Percaya lah, dengan tetap tinggal di zona nyaman sembari merenungi hidup, lo nggak bakal bisa menjawab renungan-renungan lo itu. Keluar dari zona nyaman adalah kuncinya.

Di saat lo merasa berada di dalam suatu kondisi yang stagnan, alias gitu-gitu aja, di situ lo nggak bisa belajar, bertumbuh, dan berkembang dengan baik. Rutinitas memang sangat menjenuhkan, tapi coba lah hal-hal baru yang bisa lo lakukan di sela-sela rutinitas itu.

Jangan pernah bilang "tidak" saat lo dihadapkan pada pilihan untuk melakukan sesuatu yang baru atau kurang nyaman. Ambil kesempatan itu dan lakukan yang terbaik, jangan takut salah atau gagal, karena tanpa kedua hal itu lo nggak akan berkembang.

Disiplin dan pantang menyerah adalah kunci bertahan di luar zona nyaman. Source

Di saat lo merasa awkward dengan lingkungan baru, atau merasa nggak nyaman dengan situasi lo sekarang itu adalah hal yang wajar, dan patut diapresiasi karena lo udah berani melangkah keluar dari zona nyaman. Kesalahan, ketidaknyamanan, kegagalan, adalah kunci pembelajaran. So, keep moving forward even if it's difficult.

Semangat bro! Semoga bermanfaat!

Featured Image

Sumber