#IDARE Untuk Memiliki Semangat Keberanian

Dilihat 221 kali

Semangat keberanian adalah satu kesatuan yang harus dimiliki setiap manusia. Karena tanpa hal itu, sepertinya hidup ini sangat membosankan dan seperti berjalan di tempat.

Keberanian ada di dalam pikiran (mindset) setiap orang atas segala tindak tanduknya. Berpikir dahulu, bertindak kemudian. Semangat keberanian itu sendiri mengindikasikan bahwa manusia selalu ingin bergerak untuk mencapai sesuatu yang belum pernah ia raih sebelumnya.

Ilustrasi semangat keberanian. Source

Semangat keberanian memainkan peran yang sangat penting bagi setiap orang dalam segala aspek, dari mulai bekerja hingga berpetualang di alam bebas. 

Seorang aktivis mahasiswa sekaligus seorang pecinta alam yang namanya sudah melegenda di kalangan pecinta alam, Soe Hok Gie, pernah berkata bahwa pendakian gunung ia lakukan karena ia mencintai keberanian hidup, meskipun pada akhirnya ia meninggal dunia di puncak Gunung Semeru karena menghirup gas beracun dari kawah 'Jonggring Saloko' (Kawah Gunung Semeru).

"Saya tidak mau jadi pohon bambu, saya mau jadi pohon oak yang berani menentang angin" - Soe Hok Gie.

Kumpulan Kenangan 74 tahun Soe Hok Gie. Source

Perlu diketahui, Soe Hok Gie adalah salah satu pelopor dari pecinta alam kampus yaitu Mapala UI (Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Indonesia) dengan nomor anggota M-007-UI

Lain Soe Hok Gie, lain Chris Burkard, seorang surfer sekaligus fotografer esktrim ini pernah melakukan aksi gila; surfing di laut Norwegia dan Islandia yang memiliki suhu di bawah titik beku (-13 derajat celcius) demi mendapat kepuasan dan hasil foto yang menakjubkan juga pernah menyinggung soal keberanian hidup.

"Anything that is worth pursuing is going to require us to suffer, just a little bit" - Chris Burkard.

Chris Burkard saat surfing di Norwegia. Source

Bahwa segala hal yang berharga membutuhkan perjuangan, pengorbanan, dan penderitaan. Tenang bro, cuma sedikit kok. Maka dari itu setiap insan dituntut untuk memiliki semangat keberanian untuk menggapai mimpi. 

Karena sesungguhnya setiap tantangan keberanian kita adalah peperangan dengan diri kita sendiri. So, sekarang tanya ke diri sendiri, apakah semangat keberanian itu ada di dalam diri lo? Kalau belum, lo harus gali terus untuk bisa dapetin itu!

#IDARE, how about you?!

Featured Image

Sumber