Jangan Cuma Duduk Manis, Jajal Ini Juga Saat Lo Menyambangi Air Terjun!

Dilihat 460 kali

Kebanyakan orang yang berkunjung ke air terjun cuma duduk manis menikmati keindahan air terjun dan merasakan sejuknya air yang ada di kawan air terjun. Tapi jangan seperti kebanyakan orang karena kegiatan ekstrim bernama canyoning wajib dijajal oleh kamu-kamu yang hobi olahraga ekstrim dan memacu adrenalin.

Belum terlalu populer memang tapi justru di situ serunya karena belum terlalu banyak orang yang melakukannya di negara kita. Keseruan canyoning tersebut bisa kamu semua saksikan dalam sebuah video yang ada di bagian atas artikel ini.

Dalam video berjudul 'Bali | Go Pro Canyoning Gitgit Waterfall' yang diunggah Sterling Campbell ke situs video YouTube pada 2 Agustus 2015 tersebut, para pemberani melakukan kegiatan canyoning di salah satu air terjun paling indah dan terkenal di pulau dewata, Bali, Air terjun Gitgit.

Canyoning adalah olahraga ekstrim menaiki dan menurun tebing atau gunung dengan teknik rappleing (single roof) dan ascending di kawasan air terjun. Teknik rappelling merupakan teknik memakai seutas tali yang dipakai untuk menuruni dan menaiki air terjun tersebut.

Untuk melakukannya tidak bisa sembarangan, butuh keahlian khusus. Karena butuh keahlian khusus, para pemula sangat disarankan untuk melakukan beberapa latihan dulu sebelum terjun langsung canyoning di air terjun.

Walaupun tidak banyak, sudah ada beberapa komunitas yang cukup sering menikmati canyoning di negara kita dan salah satunya adalah Mahpala STIESIA Surabaya. Mereka pernah menggelar one day adventure, sebuah kegiatan olahraga ekstrim yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang.

Alat-alat yang dipakai untuk canyoning sebagian besar sama dengan peralatan yang dipakai untuk panjat tebing dan salah satu alanya adalah acender dan decender. Alat tersebut dipakai untuk naik dan menuruni tebing di kawasan air terjun.

Canyoning memang dasarnya bisa dinikmati di semua air terjun tapi sebaiknya dilakukan di air terjun yang lebar dengan debit air yang tidak terlalu deras. Kenapa harus lebar dan debit airnya tidak terlu deras? Karena jika terlalu sempit dan deras akan lebih sulit dan risiko akan menjadi lebih besar.

Gimana? Tertarik menjajal canyoning? Kalau memang tertarik carilah info di mana kira-kira kamu bisa tahu lebih banyak tentang canyoning. Jika kamu tinggal di Surabaya, cobalah cari info di Mahpala STIESIA Surabaya. Tapi ingat, apapun kegiatan ekstrim yang akan kamu jajal, pastikan kamu sudah melakukan persiapan yang matang dan penuh perhitungan.