Kenali Gejala Frostbite!

Dilihat 492 kali

Frostbite mudah menyerang pada negara yang memiliki empat musim. Frostbite terjadi ketika suatu wilayah memasuki musim dingin. Terutama ketika suhu dingin mencapai 0 Celcius Kondisi jaringan tubuh terasa beku karena suhu atau angin yang berhembus sangat dingin dikenal sebagai frosbite atau radang dingin. Jika seseorang yang terkena frostbite tidak segera dilakukan tindakan, maka akan menyebabkan jaringan terutama kulit mengalami mati rasa dan kerusakan secara permanen. Jika kamu berencana untuk berkunjung ke negara yang saat itu memasuki musim dingin. Dan kalau kamu baru pertama kali mengunjungi negara bermusim dingin, maka jangan sampai frostbite menyerang. Namun tidak ada salahnya bagi kamu dan setiap orang untuk mengenali seperti apa saja gejala dari frostbite itu.

Gejala Frostbite

Seperti yang sudah disebutkan sedikit di atas. Orang yang menderita frostbite atau radang dingin ketika berada di wilayah bersuhu 0o Celcius bahkan dibawahnya. Terlebih gejala frostbite akan semakin terasa ketika tidak sekadar suhu dingin. Namun juga karena adanya angin yang membuat kulit seseorang semakin terasa dingin. Gejala frostbite akan mulai terjadi ketika ada bagian kulit yang mulai terasa kaku.

Gejala Pertama Penderita Frostbite

Gejala pertama yang dialami penderita frostbite adalah “Frostnip”. Frostnip terjadi pada bagian kuku dan jari-jari tangan terasa dingin dan beku. Dilanjutkan pada bagian kulit tubuh berubah warna. Dari yang terlihat segar menjadi pucat. Wajah pun dari segar dapat berubah menjadi pucat pasi. Jika tidak segera ditangani, maka kulit yang memucat akan dapat terkelupas. Ketika kamu memegang bagian kulit yang mengalami frostbite, maka akan terasa seperti lilin.

Gejala Kedua Penderita Frostbite

Gejala kedua sebagai gejala lanjutan penderita frostbite. Jaringan kulit mulai memberikan tanda kerusakan yang semakin parah. Yaitu, kulit menjadi melepuh bukan karena panas melainkan dingin. Suhu yang dirasakan terasa sangat dingin dan menusuk kulit. Sehingga menyebabkan kulit menjadi melepuh. Penderita frostbite pada gejala kedua ini juga dapat mengalami mati rasa. Penderita tidak akan merasakan sakit ketika mengalami frostbite. Gejala kedua juga dapat membawa penderita sampai pada kondisi “Superficial Frostbite”. Yaitu, kulit yang membeku, mati rasa, dan kaku untuk digerakkan, berubah warna menjadi kuning keabu-abuan bahkan putih pucat.

Gejala Ketiga Penderita Frostbite

Gejala ketiga dapat dikatakan gejala paling parah ketika seseorang menderita forstbite. Gejala ketiga ini ditandai dengan kulit yang sudah melepuh, kemudian membeku. Bahayanya adalah pembuluh darah di kulit juga ikut bermasalah. Pembuluh darah menjadi tersumbat. Jika tidak segera diatasi, gejalanya akan berlanjut seperti penderita diabetes. Pada bagian pembulih darah yang terhambat membuat kulit mengalami gangren dan jika terlambat, penderita frostbite harus diamputasi. Bahkan dapat membuat jaringan lain juga mengalami masalah. Segera lakukan tindakan jika gejala ketiga sudah sampai pada “Deep Frostbite”. Yaitu, gejala yang paling berbahaya. Karena selain penderita menjadi mati rasa, kulit menjadi sangat kaku, kepala mulai pusing, dan bahkan demam yang berkelanjutan. Jadi, jika kamu tidak ingin menderita frostbite, lebih baik selalu mencari tempat paling hangat ketika musim dingin. Dan jika harus ke luar rumah ketika musim dingin, hendaknya memakai pakaian berlapis tebal untuk menghindari gejala frostbite.