Kopikalitas Yang Totalitas di Purbalingga

Dilihat 41 kali

Bicara tentang kedai kopi yang mulai bertebaran di hampir sudut kota besar, berarti harus juga bicara soal kedai-kedai kopi yang keren di kota kecil, salah satunya di Purbalingga, Jawa Tengah. 

Potret Kedai Kopikalitas. Source

Kedai kopi tersebut bernama Kopikalitas. Berada di Jl. Veteran, Purbalingga Lor, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Pertama kali masuk ke dalam kedai kopi ini, indera penciuman kita langsung terangsang berkat aroma harum kopi arabica yang menggoda.

Sosok di Balik Kopikalitas

Azhari Kimiawan, seorang barista muda Kopikalitas, menjelaskan arti nama Kopikalitas itu sendiri. Kopikalitas diambil dari kata musikalitas, yang artinya pengetahuan atau sense seseorang terhadap kopi. 

Azhari Kimiawan, barista muda Kopikalitas. Source

Dari nama Kopikalitas, Azhari mengonsep kedainya sebagai wadah edukasi dan medan diskusi. Dengan itu, ia ingin setiap pengunjung sedikit demi sedikit memiliki pengetahuan yang sama tentang ilmu kopi dan yang lainnya.

Kedai Kopi Kopikalitas tampak luar. Source

Dari kedai mungilnya tersebut, Azhari tak pernah pelit untuk berbagi ilmunya dengan para tamu yang didominasi oleh generasi milenial. Tekad Azhari untuk membagikan pengetahuan kepada pelanggan tak lepas dari keprihatinannya akan kurangnya kesadaran khlayak akan potensi kopi lokal Banyumas.

So, sebetulnya potensi kopi lokal di berbagai daerah di Indonesia sangat tinggi, sayangnya masih banyak masyarakat yang belum mengetahuinya. Itikad baik Azhari untuk menularkan pengetahuannya patut diacungi jempol.

Featured Image

Sumber