Mengintip Indahnya Gua Sun Doong yang Nggak Ada Duanya

Dilihat 95 kali

Buat lo yang suka dengan wisata alam yang eksotis, kayaknya nggak akan lengkap sebelum lo coba datang ke gua Sun Dong di Vietnam. Gua ini nawarin view yang nggak biasa dan bisa bikin lo takjub saat lo lihat langsung.

Sun Dong masuk kedalam kategori gua terbesar di dunia. Ukuran gua ini nggak nanggung-nanggung,  tinggi 5 kilometer dengan panjang 150 meter. Gedung pencakar langit aja masuk Bro!

Gua yang terletak di Taman Nasional Phon Nha-Ke Bang ini ditemukan tahun 1991-an oleh para petani disana. Tapi, para petani nggak berani explore lebih jauh karena takut suara air yang bergemuruh dari mulut gua.

Baru sekitar tahun 2009, ada sekelompok peneliti dari Inggris datang ke lokasi ini. Mereka menyusuri setiap sudut gua ini, dan ternyata mereka dapetin pemandangan yang indah di dalam Gua Sun Dong.

Kalau lo masuk ke gua ini, lo bisa lihat pemandangan yang nggak biasa. Lo bisa lihat mulai dari sungai, pantai, sampai hutan rindang. Di gua ini juga hidup bermacam-macam flora dan fauna. Mirip dunia di bawah tanah Bro.

Selain pemandangan unik tadi, ada objek yang nggak kalah kerennya Bro. Di dalam gua ini lo bisa lihat panorama indah dari fosil dan bebatuan stalaktit dan stalagmit. Bahkan, lo bisa lihat stalakmit tertinggi dengan panjang sekitar 70 meter yang berdiri kokoh di dalam gua ini.

Jangan lupakan untuk coba spot cahaya surga. Disebut cahaya surga karena cahaya matahari menembus lubang gua yang kecil dan terlihat seperti sorotan sinar dari nirwana. Biasanya, titik ini jadi spot favorit untuk foto-foto.

Traveler yang datang kesini biasanya bawa tenda untuk menginap. Jelas aja, traveling kesana nggak cukup sehari doang Bro.

Tapi, buat sampai ke spot ini bukan hal yang mudah. Siapkan fisik dan mental, soalnya lo harus lewatin trek yang menanjak di taman nasional ini terus turun sepanjang 80 meter menggunakan tali supaya sampai di bibir gua.