Menjamurnya Kedai Kopi Lokal; Representasi Dari Surga Kopi Nusantara

Dilihat 124 kali

Belakangan ini kedai kopi kian marak di mana-mana, nggak cuma di kota-kota besar saja, melainkan di daerah-daerah pun bisnis kopi dalam bentuk kedai sederhana bertebaran. 

Kedai Kopi Ketjil, Demangan-Yogyakarta. Source

Biar pun bertebaran, namun kedai-kedai kopi lokal tersebut sama-sama memiliki satu tujuan, yaitu berlomba untuk menawarkan rasa otentik dari kopi nusantara. Keren kan?!

Eksistensi kopi seolah abadi, sejak zaman dahulu kala hingga detik ini. Nah, untuk saat ini kopi telah menjadi bagian dari gaya hidup. Tempat ngopi (Kedai kopi) kerap kali menjadi ruang temu antara kita dengan teman, kita dengan pekerjaan yang belum terselesaikan di kantor, atau pun dengan tugas-tugas kuliah.

Legipait Coffeshop, Malang-Jawa Timur. Source

Seiring dengan menjamurnya kedai kopi lokal di berbagai sudut jalan di kota besar maupun kecil, artinya ternyata kopi lokal masih banyak diminati banyak orang dari segala kalangan. Kedai kopi lokal mulai menggeliat seiring dengan tren minum kopi anak muda Indonesia itu sendiri, namun yang pasti hal itu bukan sebuah masalah, justru malah menjadi influencer untuk kopi lokal itu sendiri.

Toko Kopi Tuku, Cipete-Jakarta Selatan. Source

Dilansir dari detik.com, pertumbuhan konsumsi kopi di Indonesia meningkat setidaknya 8% per tahun. Semakin banyak orang memahami kopi lokal, maka semakin banyak pula para pebisnis-pebisnis muda yang turut berkecimpung di dunia kopi lalu muncul lah tren warung atau kedai kopi.

Presiden Joko Widodo Mampir Di Toko Kopi Tuku. Source

Bahkan beberapa bulan yang lalu, Presiden Joko Widodo menyempatkan diri mampir ke salah satu kedai kopi lokal Tuku di daerah Cipete, Jakarta Selatan. Beliau juga berjanji bahwa pemerintah akan berkomitmen untuk mulai mengangkat brand-brand kopi lokal supaya mampu mendunia dan mampu bersaing dengan gerai-gerai kopi dari luar negeri.

Filosofi Kopi, Melawai-Jakarta Selatan. Source

Gimana bro? Mau jadi pebisnis atau sekedar penikmat kopi lokal? Dua-duanya sama aja sih, sama-sama merepresentasikan kopi asli Indonesia. Satu hal yang harus diingat adalah kopi Indonesia (Mandhailing, Toraja, Flores Bajawa, dll) memiliki kualitas yang sangat baik dan selalu menjadi sorotan internasional. Bangga kan bro?!

Featured Image

Sumber