Nggak Cuma Indah, Stupa emas Pha That Luang Punya Banyak Misteri

Dilihat 102 kali

Kota Vientiane merupakan salah satu kota yang wajib untuk dikunjungi saat bro berlibur ke Laos. Di ibu kota negara yang dijuluki The Land Locked Country atau tanah yang terkunci tersebut, ada bangunan yang sangat menarik, yaitu Pha That Luang. 

Tempat suci berupa stupa emas ini tampak sangat menakjubkan. Dari kejauhan pun, bro akan dengan mudah menemukan Pha That Luang karena bangunannya yang benar-benar mencolok.

Pha That Luang sendiri tidak hanya memiliki tampilan luar yang indah, tetapi juga menyimpan misteri yang hingga kini masih belum diketahui kebenarannya. Lantas misteri apakah yang tersimpan di dalam bangunan ini?

Jika bro pernah berwisata ke Candi Borobudur, maka bro akan menemukan stupa yang berongga dan berisi sesuatu. Selain itu, bro juga akan menemukan stupa yang padat tanpa ada ruangan di dalamnya seperti stupa utama yang berada di puncak Candi Borobudur.

Nah stupa emas Pha That Luang sendiri agak sedikit berbeda. Menurut kepercayaan warga setempat, konon stupa emas tersebut memiliki ruangan khusus didalamnya yang menyimpan benda keramat. Namun sayangnya, belum diketahui apakah hal itu memang benar atau tidak.

Misteri dari Pha That Luang memang berada di bagian dalam stupa tersebut. Misteri ini merujuk pada patung buddha yang dipercaya terbuat dari batu dan emas. Sepengetahuan penduduk di sana, memang tidak ada ruangan di dalam stupa emas ini dan semuanya diisi dengan beton. Namun masih banyak yang percaya bahwa patung buddha dari abad ke-13 tersebut benar-benar diletakan di dalamnya dan ditimbun dengan beton.  

Bisa dibilang, sangat sulit untuk menyelidiki misteri dari keberadaan patung buddha tersebut karena Pha That Luang hanya boleh dimasuki oleh para tetua biksu dan presiden saja. Selain itu, stupa ini juga menjadi tempat yang sangat sakral bagi para penduduk Laos dan para pengikut ajaran Buddha.

Hingga saat ini, misteri keberadaan patung Buddha yang terbuat dari emas dan tampilan luar yang sangat mencolok membuat  Pha That Luang menjadi salah satu bangunan yang memiliki daya pikat yang luar biasa bagi para wisatawan.