Nikmati Aurora Borealis Norwegia

Dilihat 452 kali

Apakah bro sedang berencana berlibur? Bila ya, maka pertimbangkan tawaran menikmati aurora Borealis di Norwegia. Namun sebelumnya, tentu penting mengetahui apa itu aurora, macam-macam aurora, dan proses terjadinya.

Apa Itu Aurora?

Aurora adalah fenomena alam dimana terlihat cahaya indah yang menari di langit. Cahaya tersebut memiliki banyak warna. Aurora biasanya terjadi di daerah kutub, baik kutub utara ataupun kutub selatan. Meskipun aurora juga sering terlihat di pengunungan tropis.

Ada 2 macam aurora yang terjadi di kutub. Pertama aurora Australis yang sering terjadi di belahan bumi Selatan. Namanya memang diambil dari salah satu benua dekat kutub selatan yakni Australia. Akan tetapi, secara harfiah aurora Australis memiliki arti cahaya atau fajar selatan. Aurora jenis ini sempat terjadi pula di gunung tertinggi Indonesia.

Adapun jenis aurora berikutnya yaitu aurora Borealis. Aurora ini biasa terjadi di daerah kutub utara. Nama Borealis sendiri diambil dari bahasa Yunani yang memiliki arti angin utara. Bro bisa menyaksikan aurora Borealis dari beberapa daerah arktik seperti Alaska, utara Kanada, Skandinavia, Rusia, dan Norwegia.

Terjadinya Aurora

Aurora diyakini terjadi di lapisan ionosfer yang terjadi akibat interaksi medan magnetik planet dengan angin surya atau partikel bermuatan yang dipancarkan matahari. Miliaran partikel bermuatan yang terdiri dari elektron dan proton dipancarkan matahari dengan kecepatan sampai 500 mil per sekon. Partikel berkecepatan tinggi tersebut saling bertumbukan dengan medan magnet bumi. Adanya tumbukan menyebabkan pelepasan partikel yang terjebak dan nantinya memicu reaksi yang melepaskan foton cahaya yang disebut aurora yang terlihat terang seperti sedang menari.

Ingin melihat aurora yang cantik? Norwegia menjadi salah satu tempat terbaik untuk melihat aurora. Tepatnya ada beberapa kota di Norwegia yang menyuguhkan panorama aurora terbaik.

Northern Light Cruise

Bila berkunjung ke Norwegia bro bisa mengikuti tur unik mengejar sinar aurora. Dalam hal ini Mona Ravndal yang mana merupakan salah satu lembaga turisme Norwegia memiliki tawaran perjalanan melihat aurora. Perjalanan tersebut dikenal dengan Northern Light Cruise.

Northern Light Cruise biasa digelar bulan Desember. Perjalanan berlangsung selama 7 hari lamanya menuju kota North Cape dan Tromso. Kedua kota tersebut digadang-gadang menjadi lokasi paling terang untuk menikmati aurora sepanjang tahun.

Bahkan di kota Tromso, bro bisa ikut dalam kemeriahan festival cahaya utara. Konon festival tersebut sengaja digelar seperlu memberi penghormatan kepada dewa fajar. Festival akan dimulai saat fajar yang pertama menyentuh tanah kota Tromso. Dalam festival tersebut disuguhkan pula berbagai macam makanan, camilan, dan hiburan musik.

Di Tromso, Norwegia aurora Borealis dapat dilihat mulai dari pukul 18.00 hingga 01.00. Muncul kurang lebih 2 kali dalam sehari. Hanya saja cuaca mempunyai andil penting dalam pertunjukan aurora. Sehingga bro mesti rutin melihat prakiraan cuaca. Pastinya bekali diri dengan pakaian super tebal. Hal ini karena Tromso berada di 571 km dari lingkaran Artik yang menyebabkan suhu udara di sana amat dingin.