Panyaweuyan Argapura, Pesona Terasering di Majalengka yang Mirip Bali

Dilihat 341 kali

Panorama pegunungan dan hamparan rumput yang hijau dipayungi langit biru di Indonesia masih jadi paling favorit selain pantai. Nggak jarang, untuk melihat sendiri pemandangan kayak gitu harus lebih dulu mendaki ke puncak gunung.

Pemandangan kayak gitu memang sering kita lihat di Pulau Bali. Yang paling populer disana adalah keindahan sawah hijau yang bertingkat-tingkat. Spot wisata kayak gini jadi magnet tersendiri yang narik wisatawan buat datang kesana selain pesona pantainya.

Buat lo yang pengen nikmatin sawah bertingkat, nggak perlu jauh-jauh ke Bali. Lo cuma perlu datang ke Panyaweuyan Argapura yang ada di Majalengka, Jawa Barat. Keindahan terasering sawahnya bisa membius lo dan lupa kalau lo lagi ada di Majalengka.

Buat lo yang tertarik datang ke Panyaweuyan Argapura, akses jalan menuju ke lokasi ini nggak terlalu susah. Lo bisa datang pake sepeda motor atau mobil. Ambil jalan menuju Terminal Maja, terus lurus aja ke Arah Argalingga sampai pertigaan Sadasari-Sukasari. Dari pertigaan ini lo bisa belok ke kanan sampai jembatan Cilongkrang lalu belok kiri. Nah, kalau GPS lo nggak berfungsi dengan baik di tempat ini, lo bisa tanya ke warga sekitar yang rama-ramah. Meskipun jalan kesana lumayan ok, tapi masih terbilang sempit untuk kendaraan roda empat.

Waktu paling baik datang kesini adalah  saat matahari terbit, atau bisa juga nunggu matahari nggak terlalu terik supaya enak untuk foto-foto. Nggak aneh kalau tempat ini jadi surganya orang-orang yang suka motret, dilihat dari sudut manapun memang keren banget.

Kecamatan Argapura memang didominasi oleh perbukitan terjal dengan kemiringan yang lumayan curam. Buat ngakalinnya, sawah dibuat berundak-undak kayak gini. Yang ditanam disana juga bukan cuma padi, lo juga bisa lihat tanaman bawang daun, ubi jalar, dan bawang merah.

Nah, buat lo yang pengen banget ke Ubud-nya Jawa Barat ini jangan lupa untuk bawa perbelakan sendiri. Lokasi wisata ini memang tergolong baru. Jangankan penginapan atau hotel yang punya view ke arah sawah, warung pun belum ada disana. Jangan lupa, bersihkan kembali sampah-sampah bekas makanan lo.